Peringati Hari Krida Pertanian, Momentum Angkat Kopi Robusta Jember

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

8 Juli 2023 06:23 8 Jul 2023 06:23

Thumbnail Peringati Hari Krida Pertanian, Momentum Angkat Kopi Robusta Jember Watermark Ketik
Bupati Jember Hendy Siswanto tinjau lahan kopi Robusta di Kecamatan Silo, Jumat (7/7/2023) (Foto: Diskominfo Jember)

KETIK, JEMBER – Malam puncak Peringatan Hari Krida Pertanian ke-51 di Kabupaten Jember digelar di Jalan Sudarman, Kantor Pemkab Jember, pada Jumat (7/7/2023) malam.

Rangkaian Hari Krida Pertanian Kabupaten Jember diawali pagi hari dengan audiensi bersama petani kopi robusta di Kantor PDP Kahyangan Sumberwadung Kecamatan Silo. Sedangkan malam hari digelar Krida Fest.

Melalui perayaan Krida Fest ini, tujuan utamanya untuk mempromosikan produk kopi sebagai komoditas utama di Kabupaten Jember. “Kopi Robusta di Jember semakin bagus. Kita mencanangkan pada 27 September 2021, Kopi Robusta Jember menjadi kopi terbaik se-Indonesia,” Bupati Jember Hendy Siswanto usai membuka acara Krida Fest, Jumat (7/7/2023) malam.

Foto Barista kopi di Krida Fest Jember menyeduh kopi dengan gaya khas Turki menggunakan pasir, Jumat (7/7/2023) (Foto: Diskominfo Jember)Barista kopi di Krida Fest Jember menyeduh kopi dengan gaya khas Turki menggunakan pasir, Jumat (7/7/2023) (Foto: Diskominfo Jember)

Kopi Robusta menjadi salah satu komoditas yang dibanggakan Jember. Produksi Kopi Robusta Jember mulai banyak ditekuni para pelaku industri kopi di Jember. 

Tren permintaan yang juga meningkat sehingga Kopi Robusta Jember memiliki potensi untuk dipasarkan lebih luas lagi. “Diiringi dengan keahlian barista, kopi yang yang disajikan sangat enak sekali,” imbuhnya.

Keberadaan potensi industri kopi ini, menurutnya, dapat meningkatkan perekonomian Jember. Dia mengajak seluruh pihak untuk membentuk tokoh pertanian sebagai agen pemajuan pertanian. “Tentu saja, pemkab Jember bakal seratus persen mendukung terciptanya hal itu,” lanjutnya.

“Oleh karena itu, silakan datang ke Jember, ada ribuan barista dengan berbagai macam style dan taste yang beragam. Kopi boleh sama, tapi beda barista, beragam pula rasanya," ulasnya.

Sebatas informasi, Pemkab Jember bersama Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (DTPHP) menghadirkan 80 parade barista dan pameran produk pertanian di Alun-Alun Jember hingga malam nanti.(*)

Tombol Google News

Tags:

Krida Fest Jember Kopi Robusta Jember Kopi robusta Hari Krida Pertanian