Peringati Hari Sumpah Pemuda, Eri Cahyadi Harap Kaum Muda Jadi Bagian Pembangunan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

30 Oktober 2023 10:21 30 Okt 2023 10:21

Thumbnail Peringati Hari Sumpah Pemuda, Eri Cahyadi Harap Kaum Muda Jadi Bagian Pembangunan Watermark Ketik
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi setelah upacara di Balai Kota Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pemkot Surabaya menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Senin (30/10/2023). 

Setelah upacara, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan bahwa Sumpah Pemuda mengingatkan peran pemuda untuk kemerdekaan Indonesia. 

"Sumpah Pemuda ini kan mengingatkan kembali bagaimana peran para pemuda. karena pemuda ini adalah harapan dari kota ini untuk menjadi lebih baik," jelasnya. 

Eri menjabarkan jumlah pemuda atau generasi Milenial di Kota Surabaya yang mencapai lebih dari 50 persen dari populasi masyarakat Surabaya. 

"Pemuda itu gen Z gen milenial itu jumlahnya sudah lebih dari 50 persen di Kota Surabaya, sehingga ayo arah kota ini ditentukan oleh para pemuda. Sehingga para pemuda terus harus berani mengambil langkah, pemuda harus berani memberikan masukan," ucap Eri. 

"Karena itu saya berharap para pemuda menjadi bagian dari pembangunan Pemerintah Kota Surabaya, menjadi bagian dari pembangunan masyarakat," sambung politikus berlatar belakang mantan birokrat ini.

Eri menambahkan para pemuda harus mewarnai dalam setiap gerakan dari pemerintah Kota Surabaya. 

Ia mengenang peristiwa Rengasdengklok sebagai motivasi keteladanan peran kaum pemuda bagi bangsa dan negara. 

"Bagaimana masukan-masukan diberikan secara santun, bagaimana masukan-masukan diberikan secara untuk mengakomodir kepentingan dari para pemuda," tuturnya. 

Untuk menyongsong Indonesia Emas 2045, pentingnya pemuda dibentuk dari sekarang agar mampu menjadi pemimpin-pemimpin sejati di Kota Surabaya. 

"Di tahun 2045 Surabaya jauh menjadi kota yang baldatun thayyibatun wa rabbun Ghafur," terang mantan Kepala Bappeko ini. (*)

Tags:

Pemkot Surabaya Eri Cahyadi Sumpah Pemuda generasi muda pembangunan Kota Surabaya Surabaya