Peringati Harkopnas ke-76, Dinas Koperasi Jatim Gelar Lomba Koperasi Siswa

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

3 Juli 2023 19:05 3 Jul 2023 19:05

Thumbnail Peringati Harkopnas ke-76, Dinas Koperasi Jatim Gelar Lomba Koperasi Siswa Watermark Ketik
Salah satu peserta dari koperasi siswa MAN 2 Tulungagung di Lomba Koperasi Siswa, Selasa (4/7/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Memperingati hari koperasi Nasional (Harkopnas) ke 76, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar lomba koperasi siswa. Sebanyak 20 koperasi siswa (Kopsis) dari 44 kopsis yang diikuti Koperasi Siswa SMA dan SMK Se-Jatim.

"Terpilihnya 20 Kopsis ini setelah melalukan berbagai seleksi, sebelum dilakukan penjurian Kopsis yang lolos mengikuti prosesi bootcamp online berupa pembekalan ilmu tentang perkoperasian, presentasi pitching desk dari tiap kopsis," ucap Iva Chandraningtyas, kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim, Selasa (4/7/2023).

Iva mengatakan potensi demografi di Jawa Timur, untuk generasi milenial dan generasi Z hampir 50 persen, dan saat ini koperasi milenial baru berada di 6 kota di Jawa Timur. Yakni di Kabupaten Probolinggo, Kota Madiun, Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Kabupaten Bangkalan, dan Kabupaten Ngawi. 

"Maka dari itu perlu digalakan kembali Gerakan Sadar Koperasi agar generasi-generasi tersebut memahami dan tertarik bergabung dengan koperasi melalui lomba yang mengusung tema Gen Z Bangga Berkoperasi ini," ucap Iva.

Iva berharap melalui lomba koperasi siswa ini, kami dapat memberikan pembinaan dan memotivasi kepada siswa SMA/SMK/MA. "Sehingga bisa menumbuhkan semangat berkoperasi dan terus berinovasi dalam mengembangkan koperasi siswa di kalangan siswa," terang Iva. (*)

Tombol Google News

Tags:

koperasi Dinas Koperasi Lomba Koperasi Siswa MAN 2 Tulungagung Surabaya