Petani di Abdya Curhat, Cabup Salman Alfarisi Tinjau Lahan Kebun Sawit

Editor: Cutbang Ampon

19 September 2024 18:21 19 Sep 2024 18:21

Thumbnail Petani di Abdya Curhat, Cabup Salman Alfarisi Tinjau Lahan Kebun Sawit Watermark Ketik
Petani di Kuala Batee curhat terkait genangan air di kebun sawit kepada bacabup Abdya, Salman Alfarisi, Kamis, 19 September 2024. (Foto: Cutbang Ampon/Ketik.co.id)

KETIK, ACEH BARAT DAYA – Calon Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Salman Alfarisi mendatangi lokasi kebun sawit masyarakat Desa Blang Makmur, Kuala Batee untuk melihat langsung dan mendengar keluhan masyarakat, Kamis, 19 September 2024.

Rustam, petani setempat kepada Bacabup Salman mengatakan bahwa, sudah sejak beberapa tahun terakhir dirinya dan ribuan petani sawit di wilayah setempat mengeluhkan tidak bisa melakukan pemanenan dan aktivitas lain di kebun ketika debit air meluap.

"Kalau sudah hujan, maka kami tidak bisa lagi melakukan aktivitas baik memanen maupun lainnya karena air parit kebun sawit meluap, sebab aramko yang sudah ada sangat kecil," kata Rustam.

Selain itu, juga butuh pembersihan dan pengerukan parit yang sudah ada, sehingga air dapat mengalir dengan lancar dan tidak lagi meluap, karena saat panen masyarakat menggunakan kereta sorong yang digunakan untuk mengangkut hasil panen sawit.

Ketika hujan melanda, tambahnya, air akan meluap, sehingga aktivitas petani, baik panen dan pemupukan pun ikut terhambat. Bahkan, akibat itu, petani terpaksa menunggu air surut hingga sepekan lamanya.

"Kami sebanyak 2.500 petani yang memiliki kebun disini berharap kepada Salman-Yusran dapat menangapi keluhan kami," sebutnya.

Sementara Bacabup Salman mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk segera dapat menjawab harapan masyarakat tani desa setempat, terlebih saat ini sedang musim penghujan.

"Insya Allah saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk secepatnya bisa menangani hal ini, apalagi di tim pemenangan SARAN ada anggota DPRK dan DPRA. Insya Allah segera ada solusinya dan kita harap sebelum berganti tahun ini sudah dapat tertangani," katanya. (*)

Tombol Google News

Tags:

petani politik Aceh Barat Daya abdya Aceh Salman Alfarisi kuala batee