Piala AFF 2022, Indonesia vs Thailand, Buktikan Janjimu Shin Tae-yong!

Jurnalis: Samsul HM
Editor: M. Rifat

29 Desember 2022 03:01 29 Des 2022 03:01

Thumbnail Piala AFF 2022, Indonesia vs Thailand, Buktikan Janjimu Shin Tae-yong! Watermark Ketik
Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (dua dari kanan) dan pelatih Thailand Alexandre Polking (dua dari kiri) dalam acara Konferensi Pers (28/12) sebelum laga Piala AFF 2022 Indonesia vs Thailand Kamis Sore (29/12) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. (Foto: Twitter PSSI)

KETIK, JAKARTA – Matchday ketiga Piala AFF 2022 Timnas Indonesia sore nanti (29/12) akan menghadapi lawan berat yakni Thailand. Duel berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada pukul 16.30 WIB (Live RCTI).

Ini duel ulangan Final Piala AFF edisi sebelumnya yakni 2020. Saat itu Indonesia harus gigit jari lagi karena gagal maning meraih juara kali pertama di ajang ini karena dipecundangi Thailand dengan skor agrgegat 2-6. Saat itu, timnas Indonesia yang sudah dilatih Shin Tae-yong kalah 0-4 di leg pertama dan imbang 2-2 pada partai kedua.

Karena itu, laga ini sekaligus akan menjadi momen pembuktian untuk pelatih Shin Tae-yong lepas dari bayang-bayang Thailand. Sebagai pelatih nama besar yang didatangkan Indonesia, dia ingin membuktikan janjinya membawa skuad merah putih berjaya di Kompetisi Sepak Bola paling bergengsi bagi negara-negara Asia Tenggara ini.

Itu termasuk memutus rekor buruk menghadapi Thailand. Shin Tae-yong pun berjanji bakal menurunkan formasi terbaik saat melawan Thailand. Sebelumnya, di laga kontra Brunei Darussalam pelatih asal Korea Selatan tersebut menerapkan rotasi dengan melakukan delapan perubahan dalam tim.

"Sejak menangani timnas Indonesia, saya memang tidak pernah menang sejauh ini melawan Thailand. Dua kali kalah dan dua kali seri. Tapi saya tegaskan, masyarakat (Indonesia) bisa percaya dengan kualitas timnas ini sekarang," kata pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Tm Garuda, julukan Timnas Indonesia, sejauh ini memang melalui Piala AFF 2022 dengan baik. Setelah menaklukkan Kamboja 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Witan Sulaeman dan kolega menghancurkan Brunei Darussalam 7-0 pada partai selanjutnya.

Foto Suasana latihan timnas Indonesia di Stadion GBK (28/12). (Foto: Twitter PSSI)Suasana latihan timnas Indonesia di Stadion GBK (28/12). (Foto: Twitter PSSI)

Namun demikian, ujian yang sesungguhnya memang baru akan tiba di pertandingan ini. Siapa pun yang memenangkan laga ini kemungkinan besar akan keluar sebagai juara Grup A. Pasalnya, Indonesia dan Thailand saat ini sama-sama telah mengumpulkan enam poin dari kedua laga.

Tim Gajah Perang, julukan Timnas Thailand, unggul sedikit melalui selisih gol. Yaitu hanya satu gol saja. Di dua laga pertama, Thailand menghajar Brunei Darussalam 5-0. Kemudian menang lagi dengan skor 4-0 atas Filipina.

Pelatih Thailand Alexandre Polking juga mengaku tidak gentar melawan Indonesia di GBK. “Saya memimpin tim ke pertandingan dengan tujuan menang, dan kami memiliki kualitas untuk menang. Yang kami inginkan adalah hasil maksimal serta bermain untuk bersenang-senang,” ucapnya.

“Mudah-mudahan dalam pertandingan melawan Indonesia ini, kami akan terus mendapatkan tiga poin,” pungkas pelatih berdarah Jerman-Brasil itu seperti dilansir dari TheThao247.(*)

Tombol Google News

Tags:

Timnas Indonesia Thailand piala aff shin tae-yong