PLN NP Revitalisasi 5 PLTS, Maksimalkan Setrum Kepulauan Indonesia Timur

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

9 Juni 2023 04:00 9 Jun 2023 04:00

Thumbnail PLN NP Revitalisasi 5 PLTS, Maksimalkan Setrum Kepulauan Indonesia Timur Watermark Ketik
Petugas saat memeriksa solar panel di PLTS Bunaken. PLN NP merevitalisasi lima PLTS di Sulawesi Utara untuk mengoptimalkan aliran listrik 100 persen. (Foto: dok PLN NP)

KETIK, SURABAYA – PLN Nusantara Power melakukan peremajaan terhadap lima Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) guna mendorong elektrivikasi 100 persen. Lima PLTS yang diremajakan meliputi PLTS Bunaken, PLTS Miangas, PLTS Marampit, PLTS Marore, dan PLTS Makalehi yang berada di kepulauan Sulawesi Utara.

Direktur Utama PLN Nusantara Power (PLN NP), Ruly Firmansyah menyampaikan peremajaan ini kolaborasi dengan Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UIW Sulutenggo) PT PLN. Sementara hasil peremajaan ini menghasilkan 925 kWp atau setara dengan total pelanggan mencapai 1.394 rumah tangga.

“Rehabilitasi PLTS di kepulauan Sulawesi Utara ini dimaksudkan agar tercapai elektrivikasi 100 persen di Indonesia,” kata Ruly Firmansyah dalam keterangan tertulis, Jumat (10/6/2023).

Ia menambahkan bahwa PLN memiliki keunggulan operation dan maintenance untuk green power solution PLTS. Selain itu, peremajaan ini bertujuan mewujudkan transisi energi melalui proyek solar panel.

“Sekaligus mempercepat transisi energi dan mengurangi emisi karbon demi tercapainya net zero emission pada 2060,” Ruly menambahkan.

Sebelum dilaksanakan rehabilitasi, PLN NP melakukan asessmen dan investigasi pada PLTS, guna mencari permasalahan. Sebab umur beberapa komponen pada PLTS sudah mencapai lebih dari lima tahun. Proyek ini direncanakan selesai Agustus 2023, dengan harapan mengembalikan operating hour PLTS kurang lebih 40 persen dari total daya awal.  Foto Revitalisasi PLTS Bunaken bersma empat pembangkitan lain diharapkan selesai Agustus 2023. (Foto: dok PLN NP)Revitalisasi PLTS Bunaken bersama empat pembangkitan lain diharapkan selesai Agustus 2023. (Foto: dok PLN NP)

Sementara itu, General Manager PLN UIW Sulutenggo, Ari Dartomo turut mengapresiasi kolaborasi dengan PLN NP ini. Menurutnya subholding listrik terbesar di Asia Tenggara itu memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengelola dan pemeliharaan PLTS.

“PLN UIW Sulutenggo sangat mendukung program percepatan transisi energi melalui peremajaan PLTS di beberapa pulau. Hal ini secara langsung telah mendukung program pemerintah dalam penggunaan pembangkit yang ramah lingkungan,” terang Ari Dartomo.

Sulawesi Utara memiliki bauran energi yang bersumber dari energi baru terbarukan (EBT) mencapai lebih dari 40 persen, salah satunya kontribusi dari PLTS. (*)

Tombol Google News

Tags:

PLN PLN NP energi baru terbarukan PLTS Sulawesi Utara