Pohon Tumbang dan Belasan Rumah Rusak Akibat Hujan Disertai Angin Kencang di Bondowoso

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Mustopa

25 November 2023 11:31 25 Nov 2023 11:31

Thumbnail Pohon Tumbang dan Belasan Rumah Rusak Akibat Hujan Disertai Angin Kencang di Bondowoso Watermark Ketik
Tim BPBD dan masyarakat saat melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga Bondowoso (Humas BPBD for ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Hujan deras disertai angin kencang terjadi di sejumlah kawasan di Bondowoso pada Sabtu (25/11/2023) sore. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang dan belasan rumah mengalami rusak ringan. 

Menurut catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso di Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, terdapat satu pohon tumbang. 

Kemudian, di Dusun Kemirian, RT. 07 RW. 03, Desa Tumpeng, Kecamatan Wonosari, terdapat dua rumah rusak ringan dan satu pohon tumbang serta satu pohon tumbang hingga menutup akses jalan Wonosari-Pujer. 

Wilayah Kecamatan Kota Bondowoso juga tak luput jadi sasaran hujan disertai angin kencang. Tepatnya, di Jalan Brigjend Katamso, Kelurahan Kotakulon, yakni terdapat satu pohon tumbang yang mengakibatkan dua rumah rusak ringan. 

Sementara di Dusun Campoan, Desa Cindogo, Kecamatan Tapen, tercatat 14 rumah mengalami rusak ringan. 

Data tersebut disampaikan Kalaksa BPBD Bondowoso, Mahfud Junaidi, melalui Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Bondowoso Yuliono dalam keterangan persnya. 

Ia menerangkan akibat kejadian ini kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Kendati begitu, pihaknya memastikan tak ada korban jiwa.

"Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," tegasnya. 

Pria akrab siapa Yuliono itu menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan proses evakuasi terhadap pohon-pohon tumbang yang mayoritas membuat akses jalan macet, termasuk yang menimpa rumah warga. 

"Muspika kemudian TNI-Polri juga turun membantu jalannya proses evakuasi pohon tumbang atau pun membantu membersihkan puing-puing rumah," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso #BPBDBondowoso #AnginKencangBondowoso