Politeknik Negeri Jember Sabet Juara 2 Porseni XIV, Bawa Pulang 14 Medali Emas

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

29 Juli 2024 12:03 29 Jul 2024 12:03

Thumbnail Politeknik Negeri Jember Sabet Juara 2 Porseni XIV, Bawa Pulang 14 Medali Emas Watermark Ketik
Pimpinan Polije terima piala Juara Umum 2 di Porseni 14, (dari kiri) Wakil Direktur 3 Polije Wahyu Kurnia Dewanto dan Direktur Polije Saiful Anwar (27/7/2024) (Foto: Humas Polije)

KETIK, JEMBER – Politeknik Negeri Jember (Polije) sukses menorehkan prestasi pada gelaran Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) XIV se-Politeknik Indonesia. 

Polije berhasil menempati Juara 2 perolehan medali terbanyak. Mengalahkan tuan rumah penyelenggara yaitu Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang berada di urutan ketiga.

Selama sepekan digelar, 20-27 Juli 2024, Porseni ke-14 itu diikuti 58 Politeknik negeri maupun swasta. Kurang lebih sebanyak 2.000 peserta memperebutkan 473 medali.

Wakil Direktur 3 Polije Bidang Kemahasiswaan, Wahyu Kurnia Dewanto, mengapresiasi prestasi mahasiswa-mahasiswi Polije yang mulai menggeliat beberapa tahun terakhir ini.

“Alhamdulillah Polije mendapatkan juara umum dua, tidak menyangka kita mengungguli tuan rumah. Sebelumnya kami fokus pada bidang keilmuan, sekarang mulai merambah pada minat dan bakat,” ungkap Wahyu, sapaan karibnya, saat ditemui di ruangannya Senin (29/7/2024) siang.

 

Foto Kontingen Polije raih Juara 2 perolehan medali terbanyak dalam ajang Porseni 14 (Foto: Humas Polije)Kontingen Polije raih Juara 2 perolehan medali terbanyak dalam ajang Porseni 14 (Foto: Humas Polije)

 

Ada 20 cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan. Dari 95 atlet dan artis yang dikirimkan Polije, perolehan medali yang diraih diantaranya 14 emas, 15 perak, dan 13 perunggu.

“Cabang yang paling unggul itu bulutangkis, Polije dapat 3 emas, beregu, tunggal putra, dan ganda putra,” urai pria yang juga Ketua Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik se-Indonesia (Bakorma).

Lebih lanjut, Wahyu menjelaskan Polije akan memberikan reward atau apresiasi kepada mahasiswa berprestasi di tingkat nasional. Baik itu berupa materi maupun non material.

“Tidak hanya uang pembinaan saja, juga bisa mengajukan penurunan uang kuliah tunggal (UKT). Bisa juga yang berprestasi dalam bidang akademik, misal seperti kompetisi karya tulis ilmiah itu bisa dikonversi menjadi tugas akhir,” tandasnya.

Kedepan, Wahyu berharap mahasiswa Polije dapat memanfaatkan kesempatan memperbaiki keahlian untuk kompetisi yang akan datang. Tidak hanya Porseni saja, namun juga berlaku untuk segala bidang pada ajang bergengsi tingkat nasional.

Berdasarkan kesepakatan pengurus Bakorma, untuk gelaran Porseni ke XV, telah diputuskan akan digelar di Politeknik Negeri Medan pada tahun 2026 mendatang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Politeknik Negeri Jember Juara 2 Porseni XIV perolehan medali terbanyak Polije Porseni XIV Jember