Prodi Hotel and Tourism Bussiness UC Bentuk Hotelier Profesional Berattitude Prima

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

6 Juli 2023 12:44 6 Jul 2023 12:44

Thumbnail Prodi Hotel and Tourism Bussiness UC Bentuk Hotelier Profesional Berattitude Prima Watermark Ketik
Hotel and Tourism Business (HTB) Universitas Ciputra. (Foto: Dok. UC Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Hotel merupakan suatu bagian dari sektor pariwisata yang memegang peranan yang penting dan signifikan di Indonesia. Produk utama dari industri hotel adalah jasa penginapan dan penyewaan kamar yang menjadi kebutuhan utama para wisatawan.

Maka dari itu, Universitas Ciputra (UC) Surabaya berupaya mencetak lulusan yang memiliki skill unggul dalam bidang perhotelan, agar dunia pariwisata Indonesia semakin berkembang di masa mendatang.

Kepala Program Studi Hotel and Tourism Business (HTB) Universitas Ciputra, Lexi Pranata Budidharmanto menyatakan bahwa salah satu faktor kesuksesan hotel sebagai penyedia jasa akomodasi tidak hanya bergantung pada kemampuan (skill) yang dimiliki oleh pelaku bisnis hotel, namun juga dari attitude positif yang dicerminkan oleh mereka.

“Service yang baik didasari dengan attitude yang baik, sehingga keunggulan service ini akan memberikan kepuasan pada konsumen. Konsumen yang puas adalah tujuan utama yang ingin dicapai oleh seorang profesional hotelier,” terang Lexi.

Oleh karena itu, UC serius dalam membekali mahasiswa dengan skill dan attitude sebagai persiapan magang di industri perhotelan.

Dengan tujuan tersebut, Lexi berusaha untuk memaksimalkan fasilitas Hotel Laboratorium (Hola) UC Residence yang merupakan salah satu laboratorium pembelajaran jurusan HTB sebagai sarana persiapan magang mahasiswa di semester 7.

Kegiatan gabungan dari mata kuliah Hotel Operation 2 dan Advance Hotel Management yang diikuti oleh 54 mahasiswa semester 6 ini dilaksanakan secara berkelompok dengan durasi praktik 3 bulan.

Dalam satu kelompok yang berisi 5 orang, mahasiswa dibagi dalam 5 divisi, yaitu housekeeping, laundry, front office, administration, marketing (pembagian divisi diadaptasi dari departemen yang ada di industri perhotelan).

Mahasiswa belajar bisnis, manajemen, dan pengelolaan hotel pada divisi housekeeping, laundry, front office, administration, marketing sesuai dengan SOP yang diterapkan.

Tujuan kegiatan ini adalah agar mahasiswa memiliki pengalaman kerja secara riil pada industri perhotelan.

"Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengasah skill dan attitude, kedisiplinan, leadership, komunikasi, serta delegasi tugas antar mahasiswa”, terang Lexi.

Lexi menambahkan di semester 7, mahasiswa siap menjalani program magang selama 6 bulan di beberapa international hotel chain yang bekerja sama dengan UC seperti Apurva Kempinski Bali, St Regis Bali, JW Marriott Surabaya, Mercure Pontianak, The Mulia Bali, Westin Surabaya, Sheraton Surabaya, Hotel Tentrem Yogyakarta, Vasa Hotel Surabaya, Oakwood Hotel Surabaya, dan Double Tree by Hilton Surabaya. (*)

Tombol Google News

Tags:

hotel Sektor Pariwisata UC Universitas Ciputra HTB Hotel and Tourism Business