Puguh Wiji Pamungkas Sebut Pertanian Pangan Jadi Tulang Punggung Ekonomi Desa

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

15 Juni 2024 13:00 15 Jun 2024 13:00

Thumbnail Puguh Wiji Pamungkas Sebut Pertanian Pangan Jadi Tulang Punggung Ekonomi Desa Watermark Ketik
Presiden NGG yang juga kandidat di Pilkada Kabupaten Malang H Puguh Wiji Pamungkas. (Foto : Dok NGG)

KETIK, MALANG – Presiden NGG (Nusantara Gilang Gemilang) H Puguh Wiji Pamungkas menekan sektor pertanian pangan. Lantaran sektor itu menjadi tulang punggung ekonomi di desa sekaligus menciptakan lapangan usaha berkelanjutan.

Dalam pandangannya, sektor pertanian pangan bukan hanya merupakan penghasil pangan. Melainkan juga sumber daya ekonomi yang dapat membawa manfaat ekonomi dan sosial yang besar bagi masyarakat desa.

"Dukungan yang lebih besar kepada para petani dan pengembangan sektor ini tidak hanya akan meningkatkan ketahanan pangan negara tetapi juga akan menciptakan lapangan usaha bagi masyarakat desa," ujar Puguh yang keterangannya ditulis Sabtu, (15/6/2024).

Puguh yang namanya masuk sebagai kandidat di Pilkada Kabupaten Malang ini menyampaikan, perlunya dilakukan pemberdayaan kepada para petani terutama di sektor pertanian pangan.

"Dengan memberdayakan sektor pertanian pangan, kita dapat menciptakan lapangan kerja lokal, mendukung pengusaha kecil dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa," kata Founder RSU Wajak Husada ini.

Lanjut Politisi PKS ini, langkah yang bisa diambil untuk mendukung sektor pertanian pangan dan menciptakan lapangan usaha bagi desa. Salah satunya melalui pemberian pelatihan dan bimbingan bagi para petani

Khususnya dalam praktik pertanian efisien dan berkelanjutan. "Termasuk penggunaan teknologi pertanian modern," kata Puguh yang pada Pemilu 2024 sudah ditetapkan sebagai Caleg DPRD Jawa Timur Terpilih tersebut.

Kemudian kata ia, juga dapat dilakukan dengan meningkatkan infrastruktur pertanian seperti irigasi, jalan desa, pasokan listrik untuk mendukung kegiatan pertanian dan mempermudah distribusi hasil pertanian.

“Mendorong pengolahan hasil pertanian lokal menjadi produk bernilai tambah, seperti makanan olahan, kerajinan, dan produk-produk pertanian organik, untuk meningkatkan pendapatan dan lapangan kerja. Serta  Memberikan penyuluhan kepada petani mengenai teknik bertani yang lebih efisien, pengelolaan sumber daya alam, dan praktik-praktik berkelanjutan," terangnya.

Menurutnya, melalui dukungan dan investasi yang tepat dalam sektor pertanian pangan, masyarakat desa dapat mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan mencapai keberlanjutan ekonomi jangka panjang. 

"Selain itu, hal ini juga akan mendukung ketahanan pangan negara, menciptakan lapangan kerja lokal, dan meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat desa," tuturnya. (*)

Tags:

Puguh Wiji Pamungkas Nusantara Gilang Gemilang Malang Kabupaten Malang