Rektor IPDN Pimpin Sertijab 2 Jenderal Kebanggaan Polri

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

13 Juli 2024 19:39 13 Jul 2024 19:39

Thumbnail Rektor IPDN Pimpin Sertijab 2 Jenderal Kebanggaan Polri Watermark Ketik
Kepala Satuan Manggala Praja Brigjen Pol. Dr. Singgamata., S.I.K., M.H dan Kepala Satuan Bina Pelatihan Praja, Brigjen Pol. John Charles Nababan, S.I.K.,M.H saat sertijab di Lapang Parade Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Sabtu (13/7/24).(Fot: IPDN)

KETIK, BANDUNG – Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Prof Hadi Prabowo memimpin serah terima jabatan dua petinggi Polri yang sudah dua tahun bertugas di IPDN.

Keduanya adalah Kepala Satuan Manggala Praja Brigjen Pol. Dr. Singgamata., S.I.K., M.H dan Kepala Satuan Bina Pelatihan Praja, Brigjen Pol. John Charles Nababan, S.I.K.,M.H.

Kedua jabatan tersebut digantikan Kombes. Pol. Wahyu Bintono ., H.B., S.IK., M.H sebagai Kepala Satuan Manggala Praja dan Kombes. Pol. Djoni Hendra., S.H sebagai Kepala Satuan Bina Pelatihan Praja IPDN. 

Sertijab ditandai dengan prosesi pedang pora, yang diiringi drumband Gita Abdi Praja dan jarko satuan praja IPDN, di Lapang Parade Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Sabtu (13/7/2024). 

Rektor IPDN mewakili seluruh praja dan civitas akademika mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap Brigjen Pol. John dan Brigjen Pol. Singgamata yang telah memberikan kontribusi, atensi, inovasi dan pengabdian yang tinggi selama menjabat di IPDN. 

"Kepemimpinan dan komitmen beliau berdua ini telah membawa banyak kemajuan dan pencapaian yang membanggakan bagi IPDN", ungkap rektor dalam sambutannya di Balairung Rudini.

Selama menjabat di IPDN, lanjut Prof Hadi, banyak kontribusi dan inovasi yang dihasilkan dari buah pikiran mereka berdua. 

Brigjen Pol. Singgamata telah berhasil menjadi inisiator dalam lahirnya beberapa peraturan Rektor IPDN. Di antaranya Peraturan Rektor No. 9 tentang Pedoman Penilaian Pengasuhan Praja, dan Keputusan Rektor Nomor: 009.33-579 Tahun 2023 tentang SOP Penanganan Pelanggaran Disiplin Praja yang Menyalahgunakan Perangkat Teknologi. 

Lebih dari itu Singgamata juga berkontribusi besar dalam penerapan teknik komunikasi persuasif humanis bagi pengasuh, serta merumuskan Panca Aksi sebagai pedoman praja. 

"Panca Aksi yang diinisiasi Bapak Brigjen Pol. Singgamata ini meliputi pedoman Trilogi Kepemimpinan, Zero Pelanggaran, Reward Punishment berimbang, jaga kehormatan dan kebanggaan diri praja IPDN, serta disiplin sebagai kebutuhan", sebut Hadi. 

Tak hanya sebagai inisiator, Singgamata juga aktif dalam memfasilitasi semua kegiatan di lingkungan IPDN, termasuk di dalamnya aktif memberikan bantuan dalam kegiatan sosial. Seperti bantuan untuk korban bencana alam di Sumatera Barat, bantuan sarana dan prasarana kampus IPDN seperti pembangunan Posko Manggala, tenda untuk pengamanan dalam, dan lain sebagainya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Brigjen Pol. John Nababan. Selama pengabdiannya di IPDN banyak capaian kinerja yang telah diberikannya. 

"Bapak Brigjen Pol. John Nababan telah membantu menyusun beberapa peraturan yakni Peraturan Rektor Nomor 8 Tahun 2023 tentang Satuan Bina Pelatihan Praja, pembuatan Google Site Satuan Bina Pelatihan Praja," urai Hadi.
 
Lebih dari itu beberapa kerja sama yang dilakukan oleh Bina Pelatihan Praja dengan pelatih profesional terkait Band Khatulistiwa, Drumband GAP, pelatihan karate, grup tari dan masih banyak lagi telah diinisiasi John Nababan.

Ia turut serta berkontribusi dalam memfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat, bantuan korban bencana alam, meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana kampus IPDN.

Yang paling menonjol, kata rektor, adalah membuat target dalam pembinaan kegiatan satuan bina pelatihan, yaitu praja menuju beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, kreatif dan inovatif, berdaya saing dan berprestasi.

"Selamat kembali mengabdi, dan menjalankan tugas di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia. Semoga Bapak sekalian dapat terus mengembangkan diri sampai ke puncak karir, serta kita semua dapat terus menjalin hubungan baik sebagai Keluarga Besar IPDN", ucap Hadi. 

Ia pun mengucapkan selamat kepada Kombes. Pol. Wahyu Bintono Hari Bawono., S.H., S.I.K, M.H., dan Kombes. Pol Djoni Hendra, S.H., atas penugasan yang diberikan. Besar harapan rektor, keduanya dapat menyesuaikan dengan ritme kerja yang ada dan bersinergi bersama dengan unit kerja lainnya di IPDN. 

"Kami semua sangat antusias menyambut Bapak sekalian sebagai bagian dari Keluarga Besar IPDN ini. Kami yakin dengan kemampuan, pengalaman, dan visi dimiliki, Institut Pemerintahan Dalam Negeri akan terus berkembang dan mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan" pungkas Rektor IPDN. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ipdn REKTOR IPDN HADI PRABOWO PRAJA petinggi polri Polri sertijab