Rutin Donor Darah, Rasakan 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

30 Juli 2023 00:22 30 Jul 2023 00:22

Thumbnail Rutin Donor Darah, Rasakan 4 Manfaatnya untuk Kesehatan Watermark Ketik
Ilustrasi Donor Darah (Foto: UTDP PMI)

KETIK, JAKARTA – Donor darah tidak hanya berguna untuk orang lain. Tapi, para penderma yang rutin menyumbangkan darahnya juga bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan.

Mendonorkan darah secara rutin bisa mengurangi risiko beragam penyakit berbahaya. Bahkan, orang yang teratur donor darah mampu menjaga berat badannya dengan baik.

Berikut 4 manfaat donor darah seperti dilansir dari laman emc healthcare:

Menjaga Kesehatan Jantung

Rutin mendonorkan darah bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Karena saat donor darah dilakukan, peredaran darah akan semakin bagus dan menjaga jantung tetap sehat.

Donor darah bisa meningkatkan zat besi dalam darah karena jantung terlatih untuk terus memompa. Bagi yang punya penyakit jantung, donor darah bisa meringankan penderitaan.

Menurunkan Kolesterol

Mendonorkan darah secara teratur juga mampu menurunkan kolesterol. Karena kadar kolesterol dalam tubuh akan berkurang seiring dengan dikeluarkannya darah.

Sebuah studi menyebutkan bahwa mendonor dalam setiap enam pekan bisa menurunkan oksidasi LDL. LDL atau Low Density Lipoprotein merupakan kolesterol jahat.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari mendonor darah adalah menurunkan berat badan. Karena aktivitas tersebut akan membantu membakar kalori.

Tak tanggung-tanggung, jumlah kalori yang dibakar bisa mencapai 650 kalori dengan mendonorkan 450 ml darah. 

Mengurangi Risiko Kanker

Donor darah juga bisa membantu mengurangi risiko kanker. Kanker hati, paru-paru, usus besar, perut hingga tenggorokan bisa dicegah dengan rutin menyumbangkan darahnya.

Sebuah studi di Amerika menyebutkan bahwa donor darah bisa melepaskan besi teroksidasi dari aliran darah. Besi teroksidasi dapat menghasilkan radikal bebas berbahaya, dapat menumpuk di aliran darah dan menyebabkan kanker.(*)

Tombol Google News

Tags:

donor darah manfaat kesehatan PMI