Sah! Polri Tegaskan Tidak Ada Lagi Kuota Khusus dalam Rekrutmen Akpol 2024

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

31 Juli 2024 07:28 31 Jul 2024 07:28

Thumbnail Sah! Polri Tegaskan Tidak Ada Lagi Kuota Khusus dalam Rekrutmen Akpol 2024 Watermark Ketik
Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi saat di Polda Jatim. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SEMARANG – Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo menyebut kuota khusus dan rekrutmen proaktif (rekpro) dalam seleksi tingkat Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 2024 dihapus.

"Saya sampaikan dan saya tegaskan tidak ada lagi untuk tahun 2024. Semua berlaku egaliter, semua berlaku equal dan semua berlaku sederajat, sama semuanya,” tegas Irjen Dedi dikutip dari Divisi Humas Polri pada Rabu (31/7/2024).

Dedi menjelaskan, penghapusan itu untuk melahirkan taruna-taruna yang benar-benar mampu menjalani proses pendidikan dan pelatihan selama di Akpol.

"Semua berlaku egaliter, semua berlaku sama,” terang Dedi menekankan.

Ia menjabarkan, penghapusan jalur kuota khusus dan rekpro di seleksi tingkat pusat Akpol didasari masukan berbagai pihak, salah satunya Gubernur Akpol Irjen Krisno Halomoan Siregar.

“Kita terus melakukan evaluasi terhadap rekrutmen-rekrutmen yang dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Masukan dari Gubernur Akpol yang tiap saat berinteraksi dengan para taruna, masukan dari berbagai pihak baik internal maupun eksternal,” ujar Irjen Dedi.

Mantan Kapolda Kalimantan Tengah ini menjabarkan mengatakan hanya calon taruna terbaik yang akan masuk Akpol. Hal ini menjadi sebuah keharusan.

Dedi mengungkapkan penghapusan jalur khusus ini karena ditemukan sejumlah kejadian taruna yang akhirnya tak bisa mengikuti proses pendidikan dan pelatihan dengan baik.

“Kita tidak mau lagi dilakukan rekrutmen dengan friksi-friksi seperti itu. Nanti ke depannya belum ikut pendidikan di Akpol, baru ikut pendidikan integrasi sudah sakit, sudah cedera dengan proses latihan," tutur Dedi.

"Bahkan mohon maaf, ada yang meninggal ketika proses pelatihan, 2024 Ini harus zero accident,” pungkas Irjen Dedi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Irjen Dedi Rekrutmen Akpol jalur khusus Akpol rekpro Akpol 2024 akademi polisi Gubernur Akpol Irjen Krisno Halomoan Siregar