Sambut Hari Jadi Ke-79 Jatim, Pj Sekdaprov Berangkatkan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Mustopa

30 September 2024 14:10 30 Sep 2024 14:10

Thumbnail Sambut Hari Jadi Ke-79 Jatim, Pj Sekdaprov Berangkatkan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Watermark Ketik
Prosesi pemberangkatan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur (Foto: dok. Satpol PP Jatim)

KETIK, SURABAYA – Gaungkan semangat menyambut Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Jawa Timur Bobby Soemiarsono memberangkatkan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Selasa, 24 September 2024.

Kirab yang diserahkan langsung oleh Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jawa Timur (Satpol PP Jatim) Andik Fadjar Tjahjono ini akan diarak keliling 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Mengangkat tema “Sigap Pilkada Damai Jawa Timur Tahun 2024”, kirab ini menempuh jarak sekitar 1.915 kilometer dengan rute awal dari Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, menuju Kota Mojokerto dan kembali lagi di Kota Surabaya tanggal 11 Oktober 2024.

Bobby Soemiarsono mengatakan, kirab kali ini sangat spesial karena bertepatan dengan rangkaian Pilkada. Sehingga bisa juga menjadi sarana membantu pemerintah dalam menyerukan Pilkada damai.

“Saya optimistis Jatim Bersatu, Bersama untuk Maju mampu dikobarkan di seluruh Jawa Timur. Bahkan sejalan dengan upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkada serentak,” ujarnya mengutip dari laman Kominfo Jatim.

Sebagai garda terdepan, ia berharap Satpol PP meningkatkan kesiapsiagaan menjaga ketertiban umum, ketentraman dan pelindungan masyarakat di daerah masing-masing.

Selain itu, bisa mengoptimalkan peran Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas) selama penyelenggaraan Pilkada serentak.

Begitu pun instansi lainnya, dia berharap adanya integrasi dan koordinasi satu sama lain. Baik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI, Polri, Badan Kesbangpol hingga Forkopimda.

"Terima kasih kepada seluruh pihak dari Provinsi hingga daerah yang turut mendukung. Semoga Kirab Pataka kali ini bisa berjalan lancar, sehingga kehadiran pemerintah dapat dirasakan ada di tengah-tengah masyarakat Jawa Timur,” ungkapnya.

Selaras dengan itu, Kepala Satpol PP Jatim Andik Fadjar Tjahjono mengatakan tema kirab kali ini diharapkan bisa menggemakan Pilkada Jatim yang damai kepada seluruh masyarakat.

“Harapannya, pelaksanaan Pilkada dapat berlangsung tanpa menciderai proses demokrasi bangsa serta persatuan dan kesatuan dapat terus dijaga di Bumi Majapahit,” tuturnya.

Sebagai informasi, Apel Pelepasan Kirab Pitaka ini diikuti oleh ratusan pasukan gabungan dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Polisi, TNI, KPU, Bawaslu, Damkar, BPBD, Linmas, Tagana hingga Pramuka.

Dilakukan pula penyematan pita tanda mulainya Operasi Pemberantasan Rokok Ilegal oleh Pj. Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono kepada elemen terkait. Seperti Satpol PP, Polisi, dan Direktorat Jendral Bea Cukai.

Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan edukasi agar tidak melakukan produksi, distribusi, dan mengkonsumsi rokok ilegal. Sementara bagi pengusaha atau industri rokok bisa mendapat fasilitas untuk mengurus perizinan dan pengembangan usaha.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Hari Jadi ke-79 Jatim Bobby Soemiarsono Satpol PP Jatim