Satu Pekerja Tewas Akibat Kecelakaan Kerja di Bengkel Kabupaten Malang

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

22 Juni 2024 12:42 22 Jun 2024 12:42

Thumbnail Satu Pekerja Tewas Akibat Kecelakaan Kerja di Bengkel Kabupaten Malang Watermark Ketik
Lokasi kecelakaan kerja di Kebonagung Kabupaten Malang saat dipasang garis polisi. (Foto : Humas Polres Malang)

KETIK, MALANG – Kecelakaan kerja terjadi di bengkel konstruksi mesin di Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Sabtu, (22/6/2024). Peristiwa ini mengakibatkan satu pekerja meninggal dunia akibat terjepit mesin bubut.

Kejadian tersebut ditangani Polres Malang. Kasihumas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, mengonfirmasi bahwa korban seorang pekerja pria berinisial ST (71), warga Dusun Tenggulunan, Desa Mendalanwangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. 

"Personel Inafis Satreskrim Polres Malang dan Polsek Pakisaji telah menangani peristiwa kecelakaan kerja di wilayah kecamatan Pakisaji tersebut," ujarnya.

Berdasarkan keterangan dari saksi-saksi, kata ia, kejadian bermula ketika ST, yang bekerja sebagai operator mesin bubut di CV Citra Manunggal, sedang melakukan aktivitasnya bersama pekerja lain pada Sabtu (22/6) sekitar pukul 08.00 WIB. 

ST saat itu sedang membuat peralatan mesin bor besar untuk digunakan sebagai alat pertanian pengolah tanah. Namun, tiba-tiba terdengar teriakan ST dari dalam ruangan. Saksi yang mendengar segera masuk dan mendapati ST telah terjepit mesin bubut.

Saksi segera mematikan mesin dan meminta bantuan karyawan lain. Namun, saat diperiksa, korban sudah meninggal dunia akibat tergilas mesin pertanian. 

Polsek Pakisaji yang menerima laporan langsung melakukan olah TKP bersama tim Inafis Satreskrim Polres Malang. Dari hasil pemeriksaan, diketahui ST mengalami luka sayatan dan robek di bahu, leher, dan lengan kiri akibat mesin pengolah tanah tersebut.

"Korban meninggal dunia di lokasi kejadian akibat tergilas mesin pertanian pengolah tanah," jelas perwira pertama dengan satu balok di pundaknya tersebut 

Ia menyebutkan, bahwa segera setelah kejadian, korban dinyatakan meninggal di tempat sehingga tidak sempat mendapatkan penanganan medis. Kepolisian telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dan mengumpulkan barang bukti di lokasi kejadian. 

Sementara jasad korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang untuk diautopsi. Ipda Dicka menyebut, pihaknya kini tengah menyelidiki insiden kecelakaan kerja ini untuk menentukan apakah terdapat unsur kelalaian yang mengakibatkan kecelakaan tersebut.

"Kami masih melakukan penyelidikan terkait kejadian ini, untuk menentukan ada tidaknya peristiwa tindak pidana berupa kelalaian yang mengakibatkan kecelakaan kerja," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

kecelakaan Kerja bengkel Kabupaten Malang Pekerja Tewas Polres Malang