Sebelum Standar Keamanan Dipenuhi, Tumpak Sewu Diminta Tutup

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Rudi

11 Mei 2023 14:05 11 Mei 2023 14:05

Thumbnail Sebelum Standar Keamanan Dipenuhi, Tumpak Sewu Diminta Tutup Watermark Ketik
Kepala Dinas Pariwisata Lumajang Ir. Yuli Harismawati ketika berada di Tumpak Sewu pada hari ini. (Foto: Abdul Fatah)

KETIK, LUMAJANG – Kepala Dinas Pariwisata Lumajang Yuli Harismati akan mengusulkan penutupan wisata Air Terjun Tumpak Sewu sampai pengelola tempat wisata tersebut memenuhi standar keamanan bagi pengunjung obyek wisata tersebut.

Diharapkan pengunjung hanya dapat melihat keindahan air terjun Tumpak Sewu hanya di view panorama saja.

Yuli Harismawati menjelaskan, pada hari ini, Kamis (11/5) pihaknya datang ke lokasi Air Terjun Tumpak Sewu, bertemu dengan pengelola, kepala desa Sidomulyo, camat, danramil, dan kapolsek untuk membicarakan usaha menetapkan aturan untuk menuruni lembah air terjun Tumpak Sewu.

“Dari hasil kunjungan saya ke Tumpak Sewu pada hari ini, saya bertemu dengan pengelola dan muspika setempat, dan saya akan mengusulkan penutupan sementara sampai pihak pengelola memenuhi ketentuan keselamatan bagi pengunjung wisata tersebut,” kata Yuli Harismawati.

Menurut Yuli, seharusnya ada batasan usia yang bisa turun ke lembah Tumpak Sewu, ada pemeriksaan kesehatan dan ada pengaman ekstra jika ada wisatawan yang turun ke dasar Tumpak Sewu.

“Ini penting, mininal dipasang jaring pengaman di area tertentu atau ada tali seling seperti panjat tebing, ada pemeriksaan kesehatan, dan ada pula batasan usia. Tidak boleh semua orang turun ke dasar air terjun, karena butuh ketahanan tubuh yang bagus” kata Yuli Harismawati.

Sementara itu, sebelum kejadian ini Yuli mengaku sudah mengirim surat  kepada pengelola wisata agar memperhatikan keselamatan wisatawan. Pengelola wisata juga diikutkan pelatihan keamanan dan keselamatan wisatawan di destinasi wisata.

“Jadi imbauan dan pelatihan ini bukan sesuatu yang baru di Dinas Pariwisata. Peristiwa ini akan menjadi pelajaran bagi kita semua, khususnya pengelola wisata agar tidak main-main dengan keamanan tempat wisata. Kami sudah melakukan pelatihan terkait standar keamanan dan  mengingatkan berulang kali dengan surat, bukan karena kejadian ini,” urai Yuli Harismawati.

Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya, pada hari Selasa (9/5) kemarin, seorang wisatawan asal Malaysia meninggal dunia di Air Terjun Tumpak Sewu, karena terpeleset saat menuruni lembah wisata tersebut. Diketahui wisatawan asal Malaysia, Jhosepine Tham Sook Min itu berusia 58 tahun.

Tombol Google News

Tags:

wisata tumpak sewu ditutup Dinas Pariwisata Lumajang berita lumajang hari ini Berita Jawa Timur hari ini