Seluruh Hewan Kurban Masjid Istiqlal Dipotong Sabtu Pagi

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

30 Juni 2023 02:31 30 Jun 2023 02:31

Thumbnail Seluruh Hewan Kurban Masjid Istiqlal Dipotong Sabtu Pagi Watermark Ketik
Sapi milik Wapres Ma'ruf Amin di Istiqlal Jakarta. (Foto: Setwapres)

KETIK, JAKARTA – Proses penyembelihan hewan kurban masjid Istiqlal Jakarta akan dilakukan Sabtu (1/7/2023) pagi.

Termasuk, sapi milik Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin seberat 1,2 ton dan 1,1 ton. Hal itu diungkapkan Plt Ketua Harian Masjid Istiqlal Asep Saepudin kepada awak media.

Asep menyebut puluhan ekor sapi dan kambing bakal disembeli panitia kurban Masjid Istiqlal tahun ini. Daging hewan kurban tersebut, nantinya dibagikan kepada masyarakat sekitar dan kaum duafa.

"Insha allah pemotongan hewan kurban ini sesuai dengan keputusan kami bersama. Dilaksanakan hari Sabtu pagi hari sampai selesai," kata Asep kepada awak media di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Dia menambahkan, sistem pendistribusian daging hewan kurban Masjid Istiqlal tahun ini dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Pendistribusiannya kami lakukan seperti yang sudah-sudah. Melalui kantong-kantong kaum duafa yang sudah mengajukan permohonan. Maupun, yang sudah mengajukan permohonan melalui survei penelitian ke daerah-daerah yang sudah biasa kami berikan hewan kurban tersebut," jelas Asep.

Asep berharap, masyarakat dapat menerima manfaat dari daging kurban yang disalurkan Masjid Istiqlal. Terlebih, berkurban merupakan kewajiban masyarakat mampu untuk membantu warga kurang mampu.

"Pertimbangannya karena masyarakat juga antusias untuk menikmati kurban masing-masing. Kami inginnya full dari pagi sampai sore," jelas Asep.

Wapres RI Ma'ruf Amin menyerahkan, dua ekor sapi kepada panitia kurban Masjid Istiqlal seusai salat Idul Adha 1444 Hijriah. Wapres juga mewakili penyerahan sapi milik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi menyerahkan sapi jenis Simental seberat 1,2 ton. Sedangkan, Wapres menyerahkan sapi jenis limousin cross seberat 1,1 ton.

Wapres berharap, daging sapi kurban miliknya dan Presiden Jokowi membawa manfaat untuk masyarakat. "Dengan ucapkan bismillah, saya serahkan kedua sapi ini," ucap Wapres, Kamis pagi (29/6/2023). (*)

Tombol Google News

Tags:

masjid Istiqlal Wapres Qurban presiden sapi Idul adha