Sering Terlewat, Inilah Hal yang Membuat Konsumsi BBM Motor Boros

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

5 April 2024 02:38 5 Apr 2024 02:38

Thumbnail Sering Terlewat, Inilah Hal yang Membuat Konsumsi BBM Motor Boros Watermark Ketik
Antrian motor yang sedang mengisi BBM. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Banyak pengendara motor yang melakukan segala cara agar konsumsi BBM menjadi irit. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, performa dan konsumsi BBM tentu mengalami perubahan.

Motor yang dahulu bisa dibilang irit bahan bakar lama kelamaan akan menjadi boros jika tidak dilakukan perawatan. Jika anda merasakan hal demikian jangan panik, rupanya ada banyak hal kecil yang membuat konsumsi BBM anda menjadi boros.

Berikut ini kami ulas beberapa hal kecil yang dapat meningkatkan konsumsi BBM motor anda. Dengan memberikan perhatian pada hal kecil tersebut anda bisa membuat motor anda kembali irit BBM.

1. Filter udara kotor

Sama seperti namanya filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar mesin. Jika filter udara kotor atau tersumbat maka aliran udara akan terganggu. Hal tersebut bisa membuat konsumsi BBM menjadi boros.

 

2. Tekanan ban kurang

Hal selanjutnya yang harus jadi perhatian adalah tekanan ban motor. Tekanan yang kurang akan membuat roda terasa lebih berat, hal ini tentunya akan meningkatkan konsumsi BBM anda. Oleh sebab itu pastikan tekanan udara ban sesuai dengan anjuran pabrikan agar laju kendaraan menjadi lebih lancar.

 

3. Busi lemah

Busi merupakan komponen motor yang berfungsi untuk memercikan api di dalam ruang bakar. Percikan api ini berguna untuk membakar campuran antara bahan bakar dengan udara yang nantinya akan menghasilkan tenaga. 

Jika busi sudah lemah, maka percikan apinya tidak akan maksimal, hal ini bisa menyebabkan proses pembakaran tidak optimal sehingga motor akan lebih boros bahan bakar.

 

4. Rantai kendur atau belt CVT aus

Rantai kendur bagaikan baju longgar yang gampang tersangkut. Gesekan berlebihan ini membuat motor bekerja ekstra keras dan boros BBM. 

Untuk itu, periksa dan kencangkan rantai motor secara berkala. Untuk motor matic, cek kondisi belt CVT. Ganti jika sudah aus.

 

5. Gaya berkendara yang buru-buru

Selain komponen mesin, gaya berkendara rupanya juga memegang peranan penting dalam konsumsi BBM motor. Gaya berkendara yang terburu-buru dengan sering melakukan akselerasi mendadak dan pengereman kasar hanya akan membuang bahan bakar secara sia sia.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif Motor konsumsi BBM Irit boros tekanan ban busi Filter Udara