Setelah Operasi Caesar, Lakukan Ini Agar Luka Cepat Sembuh

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

12 Januari 2023 05:38 12 Jan 2023 05:38

Thumbnail Setelah Operasi Caesar, Lakukan Ini Agar Luka Cepat Sembuh Watermark Ketik
Prosesi melahirkan dengan operasi caesar. (Foto: Pixabay)

KETIK, SURABAYA – Melahirkan adalah mome yang menggembirakan bagi semua wanita. Selain melahirkan secara normal, caesar juga kerap dipilih sebagai metode melahirkan.

Operasi caesar sendiri adalah prosedur persalinan untuk mengeluarkan bayi melalui sayatan di perut. Operasi caesar dilakukan jika persalinan melalui vagina tidak mungkin dilakukan atau bila terjadi komplikasi kehamilan.

Jika kamu adalah orang yang baru melakukan operasi caesar, perlu memperhatikan beberapa hal agar luka operasi bisa segera sembuh.

1. Rawat luka agar cepat sembuh

Seperti yang telah dijelaskan di atas, operasi caesar adalah tindakan mengeluarkan bayi dengan membuat sayatan di perut. Setelah itu perut akan disatukan dengan dijahit atau dilaser.

Luka inilah yang harus dirawat dengan baik agar tidak terjadi pendarahan atau jahitan lepas. Salah satu caranya adalah dengan menjaga agar luka tidak terkena air. Ibu yang baru saja menjalani operasi caesar bisa menggunakan perban anti air untuk menjaga luka.

2. Jangan malas bergerak

Walau baru saja melakukan operasi, bukan alasan bagi ibu untuk bermalas-malasan. ibu harus tetap aktif dalam menggerakkan badannya. Itu agar otot tubuh tidak kaku dan malah jadi lemas. Beberapa jam setelah operasi caesar, ada baiknya untuk berlatih memiringkan tubuh. Juga berlatih untuk duduk mandiri.

Jika sudah berhasil duduk mandiri, ibu juga sebaiknya segera belajar untuk berdiri dan berjalan. Selain agar tubuh tidak kaku, ibu juga bisa lebih leluasa saat ingin menggendong atau menyusui si kecil. 

3. Beraktivitas dengan hati hati

Sebagai ibu yang baru melahirkan tentu saja kegiatan sehari-hari akan lebih banyak karena harus mengurus bayi. Tentu saja ibu tetap harus berhati-hati dalam beraktivitas. Jangan sampai terlalu lelah. Karena bisa memperlambat penyembuhan luka bekas operasi caesar.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah jangan membawa beban yang terlalu berat. Atau lebih benda yang lebih berat dari bayi

4. Konsumsi makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi adalah keharusan untuk memenuhi nutrisi bagi ibu yang baru melahirkan. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu proses penyembuhan luka.

Selain itu, ibu juga membutuhkan makanan yang kaya akan kalsium untuk memperkuat tulang dan membantu pembekuan darah. Agar tidak terjadi pendarahan setelah operasi. Beberapa makanan yang mengandung tinggi kalsium adalah susu, keju, bayam, dan jamur.(*)

Tags:

kesehatan Melahirkan Operasi Caesar Penyembuhan