Siapkan Jemuran! KPU Palembang Keringkan Surat Suara Basah

Jurnalis: Bubun Kurniadi
Editor: Naufal Ardiansyah

13 Januari 2024 14:26 13 Jan 2024 14:26

Thumbnail Siapkan Jemuran! KPU Palembang Keringkan Surat Suara Basah Watermark Ketik
Petugas KPU Kota Palembang memperlihatkan kertas suara DPR RI Dapil Sumatera Selatan I yang rusak (sobek) di Gudang Logistik KPU Kota Palembang, Jumat (12/1/2024). (Foto: Wahyu Rahmanto/Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang temukan surat suara rusak dan basah terkena air di Gudang Logistik Jalan Kebun Bunga, Kota Palembang.

Adanya temuan tersebut pihak KPU Kota Palembang, langsung melakukan penyortiran agar kertas suara yang rusak tidak tercampur dengan yang sudah terlipat.

Ketika ditemui di Gudang Logistik, Jumat Sore (12/1/2024),Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Syawaludin melalui Romi Yudha Satria Romi Yudha Satria Kasubag keuangan, umum dan logistik KPU Palembang mengatakan, bahwa surat suara yang ditemukan rusak, telah disortir dan yang bagus telah dilakukan pelipatan.

Foto Petugas KPU Kota Palembang Romi Yudha Satria Kasubag keuangan, umum dan logistik KPU Palembang memperlihatkan kertas suara DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Selatan I yang rusak (sobek) di Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang Jalan. Kebun Bunga Palembang, Jumat (12/1/2024). Sebanyak kurang lebih 1000 lembar kertas suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, dan DPR RI ditemukan rusak dengan kondisi sobek, warna buram dan lembab. Wahyu Rahmanto/Ketik.co.idSebanyak kurang lebih 1000 lembar kertas suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, dan DPR RI ditemukan rusak dengan kondisi sobek, warna buram dan lembab. (Foto: Wahyu Rahmanto/Ketik.co.id)

Ratusan surat suara telah dicek serta diamankan lalu dipisahkan untuk dilaporkan, agar segera diganti dengan yang baru.

"Namun, surat suara yang basah dan masih jelas gambarnya akan kita jemur dan keringkan. Karna masih bisa diselamatkan dan meninjau dari lokasi percetakan yang jauh jadi kita upayakan surat suara yang masih bisa dipakai," kata Romi kepada Ketik.co.id.

Romi juga mengungkapkan surat suara yang rusak kebanyakan sobek dan bolong pada bagian kertasnya, termasuk warna yang luntur buram akibat terkena basah pada saat pengirimannya.

"Kemungkinan dugaannya basah saat perjalanan, mungkin tidak rapat terpal penutup dan tidak terlindungi dari guyuran hujan saat di mobil angkutan surat suara," ungkapnya.

Foto Petugas KPU Kota Palembang Romi Yudha Satria Kasubag keuangan, umum dan logistik KPU Palembang memperlihatkan kertas suara DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Selatan I yang rusak (sobek) di Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang Jalan. Kebun Bunga Palembang, Jumat (12/1/2024). Sebanyak kurang lebih 1000 lembar kertas suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, dan DPR RI ditemukan rusak dengan kondisi sobek, warna buram dan lembab. Wahyu Rahmanto/Ketik.co.idPetugas KPU Kota Palembang memperlihatkan kertas suara DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Selatan I yang rusak (sobek).

Untuk total surat suara yang rusak sampai saat ini, surat suara rusak pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP) sebanyak 398, surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 392, sedangkan untuk DPR RI masih di sortir dan mencapai 400.

"Rata rata 400 surat suara yang rusak, dan kita telah laporkan ke pihak KPU Propinsi untuk pergantiannya," ucap Romi.

Saat ini, peserta sortir masih terus lakukam pelipatan surat suara untuk memenuhi target dalam kebutuhan jumlah DPT Pemilu 2024 di Kota Palembang terdapat lebih kurang sekitar 1.264.248, jumlah tersebut termasuk 2 persen surat suara kelebihan (DPT Palembang sekitar 1.225 ribu).

"Mudah-mudahan target semuanya dapat selesai di tanggal 20 Januari ini," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Palembang pemilu 2024 Surat suara rusak surat suara di jemur