Sumber Air Unik di Banyuwangi, No 4 Sakral dan Lambang Toleransi

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

23 Juni 2023 19:08 23 Jun 2023 19:08

Thumbnail Sumber Air Unik di Banyuwangi, No 4 Sakral dan Lambang Toleransi Watermark Ketik
Sumber air aliran sungai di Gunung Raung menyuguhkan air terjun Telunjuk Raung. (Foto: Pemkab Banyuwangi)

KETIK, JAKARTA – Wisata di Kabupaten Banyuwangi tidak hanya menyuguhkan keindahan pantai dan laut. Keberadaan Gunung Ijen dan Gunung Raung juga tidak kalah eksotis untuk menjadi spot wisata.

Gunung Raung memiliki kekayaan wisata yang luar biasa. Di sekitar lereng hingga kaki gunung dengan ketinggian 3.332 meter dpl itu terdapat wisata tersembunyi. Setidaknya terdapat beberapa sumber air yang telah menjadi objek wisata.

Selain itu terdapat petirtaan yang memiliki toleransi dan keberagaman yang sangat tinggi. Berikut deretannya:

Kembar Legomoro

Lokasi air terjun ini terbilang seram, yakni di lembah tengkorak. Tepatnya di Dusun Sumbermulyo, Desa Margomulyo, Kecamatan Glenmore. Wisatawan akan dimanjakan dengan pesona Air Terjun Kembar Legomoro.

Disebut air terjun kembar lantaran terdapat dua air terjun, yang bersumber dari Gunung Raung. Di sekitar kolam jatuhnya air terjun terdapat tumpukan pasir. Fungsinya untuk menampung air dan kemudian membentuk anak sungai kecil, berundak empat tingkat.

Di aliran sungai air terjun bisa dimanfaatkan untuk river tubing. Di bawah air terjun juga bisa dibuat arena bermain anak-anak hingga dewasa. Aliran air tidak terlalu deras dan kedalamannya juga tidak dalam.

Telunjuk Raung

Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat Banyuwangi menuju sumber air yang terdapat Air Terjun Telunjuk Raung. Lokasi air terjun ini sekitar 40 km dari pusat kota, atau berada di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon.

Daya tarik di air terjun ini bisa memanjakan wisatawan untuk berendam di bawah air terjun. Kolam alami di bawah air terjun berbentuk oval dengan dinding bebatuan, yang sangat cocok untuk berendam.

Hamparan selada air di sekitar air terjun memberi keunikan di tengah lebatnya pepohonan. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengklaim, lokasi ini satu-satunya air terjun yang dikelilingi selada air.

Goa Sodong

Kolam Goa Sodong memadukan konsep wisata natural dengan buatan. Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) mempercantik sumber air menjadi pemandian dan spot wisata sejak tahun 2018.

Warga setempat percaya Goa Sodong pernah dijadikan tempat bertapa para leluhur. Hal ini yang menyebabkan lokasi sumber disakralkan warga setempat. Selanjutnya pokdarwis warga Dusun Pelinggihan menambah kafe dan fasilitas umum lainnya.

Wisata sumber air Goa Sodong berada di Dusun Pelinggihan, Desa Grogol, Kecamatan Giri, dan dilengkapi dengan aneka fasilitas umum.

Pancuran Antaboga

Inilah salah satu landmark Gunung Raung. Wisata ini berada di Hutan Antaboga atau Anantaboga, yang terletak di Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore. Disebut istimewa lantaran memadukan konsep wisata dengan kebutuhan reiligi wisatawan.

Di tempat ini terdapat patung Maria dan Yesus, Budha, pura, patung Dewi Kwan Im, serta musala. Selain itu, terdapat Padmasana Nandini, Gumuk Ganesha, pelinggih Siwa Budha, dan gumuk Lingga Yoni.

Sebagai wisata sumber air terdapat beberapa mata air lainnya. Sebut saja Padmasari, Padmasari Tirta Mumbul, dan petirtan Dewi Gangga. Sumber Beji, merupakan sumber utama yang dipercaya memberi kesehatan, pengobatan, dan jodoh.

Keberadaan lintas agama di dalam hutan membuatnya sangat sakral. Pengunjung dilarang menggelar makan-makan, berisik, pesta, dan wanita haid juga dilarang masuk. (*)

Tombol Google News

Tags:

Banyuwangi Gunung Raung Gunung Ijen pancuran antaboga hutan antaboga