Surabaya Raih Piagam ProKlim 2024, Kelurahan Pagesangan dan Banjar Sugihan Rebut Penghargaan Tertinggi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

11 Agustus 2024 23:11 11 Agt 2024 23:11

Thumbnail Surabaya Raih Piagam ProKlim 2024, Kelurahan Pagesangan dan Banjar Sugihan Rebut Penghargaan Tertinggi Watermark Ketik
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berfoto bersama pegiat Kampum ProKlim di Surabaya (11/8/2024). (Foto: Diskominfo Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa Piagam Apresiasi Pembina ProKlim Tahun 2024.

Terdapat 23 kampung yang berhasil meraih penghargaan ProKlim 2024, dengan rincian 21 ProKlim Utama dan 2 ProKlim Lestari (Tertinggi).

Penghargaan ProKlim ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kampung yang berinovasi dalam upaya pelestarian lingkungan untuk menekan perubahan iklim.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras banyak pihak. Menurutnya pencapaian ini merupakan bentuk sinergi dan gotong-royong antara masyarakat, pemerintah serta stakeholder dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik.

"Kami sangat bangga dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah bekerja keras untuk menjadikan Surabaya sebagai kota yang peduli lingkungan," katanya, Minggu (11/8/2024).

Lebih lanjut, Eri menambahkan saat ini terdapat 2 kampung di Surabaya yang terpilih menjadi berhasil meraih Trophy ProKlim Lestari atau penghargaan kategori tertinggi dari Kementerian LHK.

Kedua kampung itu adalah Kelurahan Pagesangan dan RW 1 Banjar Sugihan. 

"Jadi untuk bisa menjadi ProKlim Lestari itu harus membina 10 ProKlim Utama," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Dedik Irianto mengungkapkan salah satu faktor penilaian dalam ProKlim ini meliputi memanfaatkan lahan yang ada menjadi ketahanan pangan, seperti menanam sayuran dan budidaya ikan. 

"Selain itu mereka juga peduli terhadap pengelolaan sampah serta konservasi energi dan air melalui penggunaan Solar Cell, IPAL dan lampu LED," ungkapnya.

Ke depan Pemkot Surabaya berharap semakin banyak kampung di Surabaya yang mendapatkan penghargaan ProKlim Lestari. Pihaknya akan selalu melakukan pembinaan dan pendampingan agar kampung-kampung di Surabaya terus berinovasi meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

"Terhadap 23 kampung yang sudah mendapatkan penghargaan kami harapkan bisa menularkan ke kampung-kampung yang lain dan diharapkan juga bisa berkelanjutan serta meningkatkan lagi inovasinya,"pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Surabaya Piagam Apresiasi ProKlim 2024 Penghargaan Tertinggi Kampung Pagesangan Banjar Sugihan Kementerian Lingkungan hidup dan kehutanan pelestarian lingkungan ProKlim Utama ProKlim Lestari