Tahukah Kamu, Ini Alasan Rasulullah Menyukai Buah Semangka 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

25 April 2023 05:00 25 Apr 2023 05:00

Thumbnail Tahukah Kamu, Ini Alasan Rasulullah Menyukai Buah Semangka  Watermark Ketik
Buah semangka. (Foto: Pinterest)

KETIK, SURABAYA – Semangka merupakan salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW. Selain rasanya enak, ternyata buah ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. 

Kecintaan Nabi Muhammad SAW dengan buah semangka ini pernah dijelaskan dalam beberapa hadis. Salah satunya sebagaimana yang dijelaskan oleh sang istri, Aisyah Ra: 

"Sesungguhnya Nabi SAW sering makan semangka disertai ruthab (kurma muda),". (HR At-Tirmidzy Nomor 1843, dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih At-Tirmidzy Nomor 1843). 

"Ya Ali, Rajinlah memakan buah semangka, karena airnya dari air surga, dan rasa manisnya adalah rasa manis surga. Setiap hamba yang memakan satu suap saja buah ini, Allah memasukkan ke dalam perutnya 70 macam obat dan mengeluarkan dari perutnya 70 macam penyakit. Untuk satu suap, Allah mencatat untuknya 10 kebajikan dan menghapus darinya 10 keburukan, dan mengangkatnya 10 derajat." 

Buah semangka memiliki rasa yang manis dan segar, maka tak heran Nabi Muhammad SAW menyukainya. Bukan hanya itu, semangka juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Foto Buah semangka. (Foto: Pinterest)Buah semangka. (Foto: Pinterest)

Berdasarkan riwayat tersebut dapat dipahami bahwa kandungan dalam buah semangka ternyata tidak hanya terkait nilai gizi dan kesegarannya saja, akan tetapi juga ada manfaat pahalanya.  

Adapun buah semangka adalah buah yang memiliki beragam jenis. Menurut Ibnu Qayyim yang dimaksud semangka dalam hadits tersebut adalah semangka hijau. Semangka hijau lebih cepat dicerna oleh lambung dan lebih cepat bercampur dengan makanan yang ada di dalam perut. 

Ibnu qayyim juga menambahkan bahwa semangka sebaiknya dikonsumsi sebelum makan. Sebagian besar dokter pun menyarankan demikian yakni mengonsumsi semangka sebelum makan dapat mencuci perut dan menghindarkan dari berbagai penyakit. (*)

Tombol Google News

Tags:

Semangka manfaat Nabi Muhammad SAW favorit