Terima Kunjungan Menteri Singapura, Khofifah Pererat Kerja Sama Bidang Kesehatan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

17 Maret 2023 01:35 17 Mar 2023 01:35

Thumbnail Terima Kunjungan Menteri Singapura, Khofifah Pererat Kerja Sama Bidang Kesehatan Watermark Ketik
Sosial dan Pembangunan Keluarga, Agama dan Kesehatan Singapura Masagos Zulkifli menandatangani kerja sama bidang kesehatan ditemani Gubernur Khofifah.(Foto:Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SIDOARJO – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima lawatan Menteri Sosial dan Pembangunan Keluarga, Agama dan Kesehatan Singapura Masagos Zulkifli di Ruang VIP Bandara Juanda, Sidoarjo, Kamis (16/3/2023).

Pada pertemuan kali ini mantan menteri sosial tersebut melakukan diskusi membahas langkah-langkah strategis untuk mempererat hubungan kerja sama antara pemerintah provinsi Jawa Timur dengan pemerintah Singapura.

Salah satu hal penting yang ingin dipererat kerja samanya antara Pemprov Jatim dengan Pemerintah Negara Singapura adalah di bidang kesehatan. 

Gubernur Khofifah ingin ada pembaharuan Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah Singapura dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang pernah dilakukan pada  2006. 

"Di tahun 2006 dulu sudah pernah ada kerja sama dengan RSUD Syaiful Anwar di Malang. Ini tadi secara khusus saya meminta tim untuk memperbaharui. Utamanya kita tahu dengan banyaknya inovasi di layanan kesehatan RSUD dr Soetomo Surabaya," tutur Gubernur Khofifah.

Tidak hanya bidang kesehatan, topik yang juga banyak dibahas keduanya adalah tentang Family Quality dan Family Resilience. Dikatakan Gubernur Khofifah peningkatan kualitas keluarga dan ketahanan keluarga saat ini sangat dibutuhkan untuk menjawab masalah kerentanan keluarga. 

"Jadi Family Quality dan Family Resilience ini, kita tadi saling berbagi solusi bagaimana hal-hal yang harus kita tangani lebih komprehensif kaitannya masalah sosial di masyarakat," jelasnya. 

Sementara itu, Menteri Masagos Zulkifli dalam wawancaranya juga menyatakan rasa senang atas kunjungannya ke Jawa Timur kali ini dan berharap agar pembaharuan MoU seperti yang disampaikan Gubernur Khofifah bisa segera terealisasi.

Hal ini mengingat banyaknya potensi kerja sama terutama  di bidang riset dan sosial di Jawa Timur. 

"Yang sudah pernah ada MoU nya tetap harus diperbaharui dan dikembangkan. Utamanya antara perguruan tinggi di bidang riset untuk meningkatkan lagi kemaslahatan masyarakat Indonesia dan Singapura," tutur Masagos Zulkifli. 

Dengan telah memiliki fokus kerja sama, dirinya berharap agar hubungan baik antara Indonesia dan Singapura, khususnya Jawa Timur bisa terus ditingkatkan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Khofifah Kerjasama kesehatan Jawa timur Singapura