Tingkatkan Kualifikasi Mahasiswa, FUAD IAIN Curup Kirim Mahasiswa Magang ke Berbagai Instansi

Jurnalis: Reni Dianti
Editor: Muhammad Faizin

14 September 2023 15:34 14 Sep 2023 15:34

Thumbnail Tingkatkan Kualifikasi Mahasiswa, FUAD IAIN Curup Kirim Mahasiswa Magang ke Berbagai Instansi Watermark Ketik
Dr. H. Nelson, M.Pd.I (kiri berpeci) didampingi Wakil Dekan I dan II FUAD IAIN Curup dalam acara pembukaan pembekalan magang profesi FUAD Tahun 2023 (Foto: Amimah Qodari for ketik.co.id)

KETIK, REJANG LEBONG – Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Curup Bengkulu, telah meluncurkan program magang bagi mahasiswanya. Program inovatif ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis di berbagai instansi terkait bidang studi mereka.

Ada empat program studi yang ada di bawah FUAD IAIN Curup Bengkulu. Yaitu Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII), Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) dan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI).

Dalam upaya untuk memperkuat kualifikasi dan keterampilan mahasiswa, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Curup Bengkulu telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi terkemuka di wilayah Provinsi Bengkulu.

Beberapa diantaranya yaitu Kemenkumham Wilayah Bengkulu, Diskominfo, Baznas, RBTV, Kemenag, Perpustakaan Daerah dan beberapa tempat lainnya yang relevan dengan bidang studi mereka.

Dalam program magang ini, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk bekerja di bawah bimbingan praktisi berpengalaman dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang praktek dan aplikasi teori yang mereka pelajari di kampus.

"Selain itu, mahasiswa juga akan merasakan dinamika dunia kerja yang sebenarnya dan mengembangkan keterampilan sosial serta profesional mereka," ujar Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Dr. H. Nelson, M.Pd.I, dalam sambutanya di acara pembekalan magang profesi mahasiswa FUAD, Kamis (14/09/2023). 

Nelson menyatakan program magang ini merupakan salah satu upaya fakultas untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi lulusan dengan kebutuhan pemerintah dan industri yang ada.

"Kami berharap melalui program ini, mahasiswa kami akan mendapatkan pengalaman berharga yang akan mempersiapkan mereka dengan baik untuk memasuki dunia kerja setelah lulus," papar Nelson.

Program magang ini diharapkan memberikan manfaat ganda, baik bagi mahasiswa maupun instansi yang berpartisipasi. Mahasiswa akan mendapatkan wawasan praktis dan koneksi profesional yang dapat meningkatkan peluang mereka di dunia kerja. Sementara itu, instansi yang menerima mahasiswa magang akan mendapatkan manfaat dari kontribusi mahasiswa yang segar, ide-ide inovatif, dan keahlian akademik yang mereka miliki.

Dengan program magang ini, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah berharap dapat memperkuat hubungan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

Program serupa diharapkan dapat menjadi contoh bagi fakultas-fakultas lain dalam kampus IAIN Curup ini, maupun di institusi pendidikan lainnya untuk mengembangkan kesempatan magang bagi mahasiswanya.

Selain magang, FUAD IAIN Curup Bengkulu juga menempuh berbagai strategi untuk meningkatkan kualitas lulusannya. Salah satunya adalah peningkatan kapasitas dosen. 

"Hari ini Prodi di FUAD patut bersyukur, telah ada Doktor baru. Di Prodi KPI yaitu Pak Roby. Di BPI juga ada Pak Reno yang sedang dalam penyelsaian disertasi, dan Prodi IPII ada yang baru masuk kuliah S3 beasiswa Pak Rona, dan IAT juga menyusul lanjut dosennya sedang ada yang studi lanjut. Ini membuktikan bahwa FUAD siap untuk maju dan terdepan, sesuai dengan tagline kita" kata Nelson.

Sebagai fakultas yang berfokus pada bidang Ushuluddin, Adab dan Dakwah, langkah ini merupakan komitmen nyata dari FUAD IAIN Curup Bengkulu dalam melahirkan lulusan yang siap dan berkualitas untuk menjadi pemimpin di bidangnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Magang Profesi FUAD IAIN Curup KPI BPI IPII IAT Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah