Pertamina Bocorkan Jenis BBM Baru Berjenis Diesel

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

18 Juli 2024 15:40 18 Jul 2024 15:40

Thumbnail Pertamina Bocorkan Jenis BBM Baru Berjenis Diesel Watermark Ketik
Ilustrasi pengisian BBM di SPBU. (Foto: Kuncoro/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Wacana Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru diungkapkan oleh Kementerian ESDM yang akan dikenalkan pada 17 Agustus 2024 bertepat HUT RI ke 79.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sebagai Subholding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero) mengungkapkan bahwa BBM baru yang akan diluncurkan pemerintah berjenis diesel tanpa sulfur.

BBM tersebut akan akan dijual mulai 1 September 2024. Direktur Utama KPI Taufik Aditiyawarman mengatakan BBM baru itu akan mulai dijual di tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta. BBM akan diambil dari Kilang Balongan.

Direktur Utama PT KPI Taufik Aditiyawarman menyebut, BBM baru tersebut berjenis diesel rendah sulfur.

"Iya itu diesel dulu," katanya pada Rabu, (18/7/2024) dikutip dari Suara.com jaringan Ketik.co.id

Rencananya, produk BBM baru itu akan dijual di 3 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta terlebih dahulu.

"3 SPBU dulu di Jakarta. Ambil dari (kilang) Balongan, kan Balongan udah duluan bisa ultra low sulphur," jelasnya.

Taufik menambahkan KPI siap menghadirkan produk BBM baru dengan sulfur rendah itu. Alasannya, saat ini kilang milik Pertamina sudah bisa memproduksi sebanyak 900 ribu barel per bulan untuk spesifikasi BBM diesel dengan sulfur 50 PPM tersebut.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal merilis Bahan Bakar Minyak (BBM) baru pada 17 Agustus saat HUT RI ke-79.

BBM jenis terbaru, yakni kandungan rendah sulfur dalam minyak solar dengan menggunakan bahan bakar nabati bioetanol.

Bioetanol digadang menjadi pengganti alternatif bensin seperti BBM subsidi maupun pertamax series.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi mengatakan, pemerintah akan memperkenalkan BBM baru itu bertepatan pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.

"Kalau rendah sulfur ini akan mulai tapi sebagai pilot, 17 (Agustus) itu adalah semacam kick-off-nya mau mulai di sana. Terus yang disampaikan 17 Agustus pembatasan, tadi Pak Menteri sudah nyampein ini lagi dibahas di Perpres 191 (tahun 2014) mengenai mana saja yang targetnya siapa saja," ungkapnya saat ditemui dukutip dari Suara.com jaringan Ketik.co.id pada Jumat (12/7/2024). (*)

Tombol Google News

Tags:

BBM jenis baru ESDM KPI PT Kilang Pertamina Internasional jenis BBM baru