KETIK, JAKARTA – PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), terus berinovasi mengembangkan layanan logistik berbasis digital guna meningkatkan pelayanan bagi para pelanggan.
Melalui salah satu layanan bisnisnya, KALOG Express, KAI Logistik meluncurkan aplikasi yang mempermudah pelanggan melakukan pengiriman barang ritel. Aplikasi tersebut adalah KAI Logistik TRAX. Sejak kehadiran KAI Logistik TRAX, terjadi peningkatan pengiriman barang ritel secara signifikan.
Direktur Keuangan KAI Logistik, Riki Jayaprawira menyatakan, KAI Logistik menyadari pentingnya inovasi dan transformasi digital dalam industri logistik yang semakin dinamis.
Seiring perkembangan teknologi yang pesat, KAI Logistik berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan berbasis teknologi guna memberikan solusi yang lebih cepat, tepat, dan sesuai dengan kebutuhan pasar.
"Kami berupaya untuk memberikan pengalaman yang lebih efisien dan ramah pelanggan, salah satunya melalui aplikasi KAI Logistik TRAX yang menjadi andalan dalam mempermudah proses pengiriman barang secara digital bagi pelanggan kami," jelas Riki, Selasa 8 April 2025.
Secara khusus, transaksi di trimester I 2025 meningkat 33% dibandingkan dengan rerata pada tahun 2024. Seiring dengan lonjakan volume pengiriman yang naik tajam sebesar 80%, dari rerata bulanan tahun 2024 sebesar 3.013 kg menjadi 5.426 kg pada tahun 2025.
"Peningkatan ini menunjukkan bahwa aplikasi TRAX semakin diterima oleh pelanggan, yang semakin memanfaatkan kemudahan teknologi dalam memenuhi kebutuhan logistik mereka,"tambahnya.
Lebih lanjut, seiring dengan perkembangan industri logistik di era digital 4.0, pemanfaatan teknologi telah menjadi faktor utama dalam meningkatkan efektivitas layanan.
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata 83,44 persen perusahaan ekspedisi dan kurir telah menerapkan teknologi atau aplikasi untuk memantau dan melacak keberadaan operator serta pesanan pelanggan.
Aplikasi KAI Logistik TRAX sendiri mulai dikembangkan pada tahun 2021 dan resmi diluncurkan untuk pelanggan pada tahun 2022. Pada versi pertama, aplikasi ini masih terbatas pada jumlah titik layanan serta jenis komoditas yang dapat dikirimkan.
"Namun, seiring perkembangan yang berfokus pada kebutuhan dan kenyamanan pelanggan, kami terus melakukan pembaruan dan pengembangan untuk menjawab kebutuhan tersebut," paparnya.
Beragam inovasi terbaru terus dikembangkan KAI Logistik melalui aplikasi digital unggulan, KAI Logistik TRAX. Saat ini, jangkauan layanan aplikasi tersebut telah diperluas secara signifikan. Sebelumnya hanya mencakup kota di Pulau Jawa, sekarang bisa menyentuh lebih dari 200 titik service point yang tersebar di wilayah Jawa, Bali, dan Sumatera.
Inovasi lain yang dikembangkan termasuk peningkatan kapasitas angkut hingga 300 kg dan penambahan jenis komoditas yang dapat dikirimkan. Mulai dari dokumen, paket, sepeda, hingga motor sehingga menambah fleksibilitas layanan.
Selain itu, dengan hadirnya fitur pengecekan tarif, pembayaran secara digital, pencarian Lokasi service point, serta layanan pickup dan drop paket.
"Aplikasi TRAX kini semakin lengkap dan mempermudah pelanggan dalam melakukan pengiriman barang," pungkasnya. (*)