KAI Logistik Raih Penghargaan BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2025, Berkat Inovasi dan Transformasi Digital

26 Mei 2025 13:01 26 Mei 2025 13:01

Thumbnail KAI Logistik Raih Penghargaan BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2025, Berkat Inovasi dan Transformasi Digital
Dwi Wulandari (kanan) menerima penghargaan BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2025.

KETIK, SURABAYA – PT KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), kembali menorehkan prestasi di bidang pemasaran dengan meraih penghargaan dalam ajang BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2025. 

KAI Logistik menerima penghargaan Silver Winner The Most Promising Company in Tactical Marketing Kategori Anak Perusahaan BUMN dari MarkPlus, Inc. Penghargaan ini diserahkan langsung kepada Dwi Wulandari, VP of Corporate Secretary KAI Logistik, pada Rabu, 21 Mei 2025, di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta.

Ajang yang kini memasuki penyelenggaraan tahun ke-13 ini mengusung tema "Menuju Indonesia Emas". 

Penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi atas keberhasilan perusahaan BUMN, BUMD, maupun anak usahanya dalam melakukan transformasi pemasaran berbasis kreativitas, inovasi, kewirausahaan, serta kepemimpinan yang dilakukan. 

KAI Logistik dinilai berhasil menunjukkan kinerja dan keunggulan pemasaran yang dilakukan hingga tahun 2024 lalu di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional, sekaligus menunjukkan kontribusi nyata untuk kemajuan Indonesia.

"Penghargaan ini kami refleksikan sebagai hasil dari komitmen berkelanjutan perseroan dalam melakukan transformasi bisnis dan pemasaran secara menyeluruh. KAI Logistik secara konsisten melaksanakan transformasi di berbagai lini bisnis. Kami terus mendorong penerapan digitalisasi dan inovasi yang tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga memberikan pengalaman layanan yang lebih baik kepada pelanggan," ujar Dwi Wulandari.

Pada tahun 2024, inovasi signifikan yang dilakukan perseroan meliputi bisnis retail yang dilayani melalui KALOG Express dengan penyempurnaan aplikasi digital KAI Logistik Trax. 

Kini, aplikasi ini menghadirkan fitur tambahan seperti penambahan jenis barang yang dapat dijemput termasuk sepeda motor, perluasan jangkauan pickup, dan metode pembayaran digital yang lebih beragam. 

Selain itu, KALOG Express juga menambah 24 titik layanan baru, dan layanan pengiriman yang telah menjangkau hingga seluruh Indonesia. Berbagai inisiatif ini berdampak pada peningkatan volume pengiriman sebesar 28 persen dari tahun 2022 hingga 2024.

Di sisi operasional, KAI Logistik juga menghadirkan inovasi teknologi pada layanan KALOG Plus seperti penerapan RFID pada 2.000 kontainer untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pelacakan. Tak hanya itu, kapasitas angkut KA Kontainer Klari, Karawang yang terhubung dengan kawasan industri juga ditingkatkan dari 20 GD menjadi 30 GD, yang berkontribusi pada pertumbuhan volume hingga 46 persen dalam dua tahun terakhir. 

Sementara pada segmen KALOG Pro, khususnya untuk Limbah B3, KAI Logistik menghadirkan inovasi layanan RO Box yang telah memperoleh izin angkutan limbah B3 resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Berkat inovasi ini, terjadi peningkatan pertumbuhan volume sebesar 52 persen dari tahun 2022 hingga 2024.

Menanggapi capaian ini, Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah, menyampaikan bahwa transformasi yang dilakukan oleh KAI Logistik tidak hanya terbatas pada aspek operasional dan digital, tetapi juga menyentuh peningkatan kualitas layanan pelanggan.

"Kami memperkuat aksesibilitas dan kenyamanan layanan melalui integrasi Call Center 24 jam yang bekerja sama dengan Induk Perusahaan melalui Call Center 121, guna memastikan setiap pelanggan mendapatkan pelayanan yang cepat, responsif, dan berkualitas di tengah meningkatnya permintaan layanan logistik," jelasnya.

"Kami tidak hanya fokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga pada bagaimana setiap inovasi yang kami hadirkan dapat memberikan dampak nyata terhadap keberlanjutan dan efisiensi logistik nasional. Salah satu bentuk komitmen kami adalah dengan terus menggaungkan dan mendorong peralihan moda angkutan logistik ke kereta api yang lebih ramah lingkungan dan rendah emisi, sejalan dengan upaya mendukung program green logistics di Indonesia," jelas Fredi.

KAI Logistik berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi bisnis dan pemasaran yang selaras dengan semangat Marketing 3.0 dan Marketing 5.0. Melalui pendekatan digital yang humanis dan berorientasi solusi, perusahaan akan terus mendorong adopsi transportasi ramah lingkungan (eco-friendly transport) serta mengoptimalkan digitalisasi untuk efisiensi operasional. Dengan semangat Ispossible!, KAI Logistik menegaskan posisinya sebagai solusi logistik di Indonesia.(*)

Tombol Google News

Tags:

KAI Logistik PT KAI KAI BUMN