Universitas Ciputra Bekali Konsep Kewirausahaan UMKM Lakarsantri 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

22 Desember 2022 15:46 22 Des 2022 15:46

Thumbnail Universitas Ciputra Bekali Konsep Kewirausahaan UMKM Lakarsantri  Watermark Ketik
Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Ciputra. (Foto: Humas UC)

KETIK, SURABAYA – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran penting khususnya ekonomi di dalam masyarakat. Maka dari itu Universitas Ciputra Surabaya melalui Program Insentif pengabdian masyarakat terintegrasi dengan MBKM berbasis kinerja IKU bagi perguruan tinggi swasta (PTS) 2022, dengan skema Kegiatan Kemandirian Masyarakat. 

Pendampingan ini memiliki tajuk Peningkatan Pengolahan Pangan Lokal bagi Masyarakat di UMKM Kecamatan Lakarsantri Surabaya. 

Pengabdian masyarakat ini, Ketua Pengusul Imanuel Deny Krisna Aji, dengan anggota Denny Bernardus dan Gervasius Herry Purwoko. Pendampingan ini meliputi produksi kemasan produk kekinian bernama WakJail, pembuatan website, pelatihan mengenal perilaku konsumen dan peresmian Galeri UMKM Lakarsantri. 

Imanuel Deny Krisna Aji, S.P., M.I.Kom menjelaskan kegiatan ini melibatkan paguyuban UMKM kecamatan UMKM lakarsantri meningkat kualitas produk lokal budidaya jamur warga lakarsantri Surabaya. 

“Kemasan produk kekinian WakJail dibuat untuk dapat meningkatkan pengelolaan pangan lokal jamur tiram berupa kripik jamur. Dengan desain kemasan kekinian yang baru maka tampilan dari kemasan diharapkan dapat mendukung usaha UMKM Lakarsantri untuk lebih meningkatkan penjualan terutama pada saat pameran dan lebih terjaga kualitas dari produknya," jelas Imanuel. 

Imanuel juga menjelaskan bahwa UMKM dibekali juga dengan alat pengemasan yang sesuai dengan standar pengemasan makanan keripik sehingga kualitas produk lebih terjaga. 

Tidak hanya kemasan, Universitas Ciputra juga mengajarkan pemasaran digital melalui website yang merupakan salah satu strategi Search Engine Marketing (SEM) yang menarik untuk dilakukan oleh UMKM Lakarsantri. 

Melalui website ini, UMKM dapat memperkenalkan produknya ke ranah digital yang lebih luas. 

Foto Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Ciputra di Kecamatan Lakarsantri. (Foto: Humas UC)Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Ciputra di Kecamatan Lakarsantri. (Foto: Humas UC)

Melalui pendampingan ini UMKM Lakarsantri memiliki kesempatan untuk terlibat dalam pameran baik itu skala kota maupun provinsi. 

Maka dari itu materi yang diberikan oleh Universitas Ciputra adalah  pengenalan perilaku konsumen terutama pada saat pameran menjadi penting dilakukan oleh pelaku UMKM. Diharapkan pelaku UMKM mampu menjaring konsumen yang lebih luas. 

Universitas Ciputra memberikan hibah berupa barang yaitu rak lipat, ollin folding rack, tiers black, alat sealer, continuous sealer, booth pameran, booth semi container dan website. (*)

Tombol Google News

Tags:

Universitas Ciputra MBKM pengabdian UMKM