Update Harga Beras di Pacitan, Pedagang Menyebut Harganya Masih Tinggi

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

26 September 2023 10:03 26 Sep 2023 10:03

Thumbnail Update Harga Beras di Pacitan, Pedagang Menyebut Harganya Masih Tinggi Watermark Ketik
Salah satu pemilik los beras di Pasar Minulyo, tengah menunjukkan beras yang harganya makin tidak karuan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, telah menyebabkan lonjakan signifikan khususnya komoditas beras yang terbilang harganya masih tinggi di angka Rp75 ribu per lima kilogramnya.

Pantauan Ketik.co.id, harga beras premium yang biasanya dijual Rp360 ribu per sak 25 kilogram, kini melonjak hingga mencapai Rp370-375 ribu per sak.

Begitu pula dengan harga beras medium yang naik dari Rp300 ribu menjadi Rp360 ribu per sak. Kenaikan harga beras itu mencapai rata-rata Rp25-30 ribu per sak.

Selain itu, harga beras lokal juga mengalami peningkatan, dengan kenaikan rata-rata sebesar Rp2 ribu per kilogram. Harga beras lokal yang semula Rp9.400 per kilogram kini telah mencapai Rp11 ribu per kilogram.

Pemilik lapak beras di Pasar Minulyo, Agus Supriyadi (34), mengungkapkan bahwa kenaikan harga beras telah terjadi selama sekitar empat minggu terakhir. "Masih tinggi, mau tidak mau, kami tetap ikut menaikkan harga," katanya pada Selasa, (26/9/2023).

Agus juga memprediksi bahwa tren kenaikan harga beras kemungkinan akan berlangsung cukup lama, bahkan hingga November 2023 mendatang. "Petani padi belum panen. Sepertinya masih lama. Kami mengandalkan stok dari luar kota, biar pun ongkosnya juga naik," terangnya.

Foto Suasana pasar tradisional di Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Suasana pasar tradisional di Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Senada, pedagang di Pasar Arjowinagun, Sri Hartini (58), mengatakan bahwa beras kelas medium kini dijual dengan harga Rp13 ribu per kilogramnya dari sebelumnya Rp11 ribu per kilogram. Artinya mengalami kenaikan sebesar Rp2 ribu per kilogram.

Badai El Nino juga menjadi salah satu penyebab harga beras dari petani lokal yang semakin mahal. Akibatnya, stok beras cenderung berkurang. "Petani lebih memilih menjual gabah dengan harga Rp7 ribu per kilogramnya," pungkas Sri Hartini.

Adapun rincian Harga Beras di Kabupaten Pacitan Menurut data yang diterbitkan oleh Dinas Perdagangan dan Ketenagakerjaan (Disdagnaker) Pacitan pada 26 September adalah sebagai berikut:

  1. Beras Medium
    • Beras Cap C4 (Medium): Rp 12.500
    • Beras Cap IR 64 (Medium): Rp 12.000
    • Beras Cap Lima Jaya (Medium): Rp 13.000
  2. Beras Premium
    • Beras Cap Mentik (Premium): Rp 15.000
    • Beras Cap SP (Premium): Rp 15.000
    • Beras Cap Gurih (Premium): Rp 14.000
  3. Beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP)
    • Beras Medium Bulog: Rp 10.900

(*)

Tombol Google News

Tags:

Update Harga Beras di Kabupaten Pacitan pacitan Pasar Minulyo PASAR ARJOWINANGUN