Usai Penetapan Capres-Cawapres, KPU Jember Minta Partai Koalisi Serahkan Struktur Tim Pemenangan

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

15 November 2023 06:16 15 Nov 2023 06:16

Thumbnail Usai Penetapan Capres-Cawapres, KPU Jember Minta Partai Koalisi Serahkan Struktur Tim Pemenangan Watermark Ketik
(Grafis: Rihad Humala/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi telah menetapkan tiga bakal capres-cawapres, yakni pasangan Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud, dan Prabowo-Rakabuming pada Senin (13/11/23). 

Serta pada Selasa 14 November 2023 malam, KPU RI telah melakukan pengundian nomor bagi pasangan capres-cawapres. Pasangan Anies-Muhaimin nomor urut 1, Prabowo-Gibran nomor urut 2, dan Ganjar-Mahfud nomor urut 3.

Sementara, di tingkat Kabupaten, Komisioner KPU Jember Achmad Susanto, Rabu (15/11/23) mengatakan, pihaknya sedang bersiap meminta kepada partai koalisi untuk mengirimkan struktur tim kampanye atau tim pemenangan capres-cawapres.

Selain itu, KPU Jember juga sedang mempersiapan Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (SIKDK). Yang nantinya dipakai partai untuk memasukkan data-data yang diperlukan sesuai instruksi yang ada.

"Dengan SIKDK ini semua partai melaporkan jadwal kampanye langsung di sistem. Jadi tidak perlu lagi mengirimkan surat kepada Bawaslu atau kepolisian untuk melakukan kampanye," jelas Susanto.

Karena jadwal serta lokasi kampanye telah diatur melalui sistem dan dapat diakses Bawaslu maupun kepolisian.

Selanjutnya tim sukses capres-cawapres dan parpol juga diminta untuk menyetorkan rekening dana kampanye. 

"KPU Kabupaten memastikan kepada seluruh parpol untuk membuat rekening dana khusus kampanye. Timses capres cawapres juga menyetorkan rekening dana kampanye," imbuhnya.

Sedangkan untuk sumber dana kampanye bisa berasal dari partai politik, caleg, sponsor, atau pendanaan lain yang tidak terikat pada negara. Semua harus tercatat dan terlaporkan.(*)

Tombol Google News

Tags:

pemilu2024 penetapan capres-cawapres KPU Jember partai koalisi Tim Pemenangan Jember pilpres2024