Wahyu Hidayat Jamin Pemilihan Dirut Perumda Tugu Tirta Tak Ada Oknum Titipan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

16 April 2024 07:06 16 Apr 2024 07:06

Thumbnail Wahyu Hidayat Jamin Pemilihan Dirut Perumda Tugu Tirta Tak Ada Oknum Titipan Watermark Ketik
Wahyu Hidayat, Pj Wali Kota Malang saat membahas terkait pembentukan Pansel pemilihan Dirut Perumda Tugu Tirta. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat baru mulai membentuk panitia seleksi (Pansel) untuk menentukan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta.

Melalui pansel tersebut, Wahyu menjami pemilihan jajaran Direksi Perumda Tugu Tirta berjalan secara transparan. 

Ia juga menjamin tidak akan ada oknum titipan yang mewarnai proses seleksi. Hal tersebut karena anggota pansel yang dipilih berasal dari orang-orang yang kompeten. 

"Dijamin transparan, makanya saya pilih orang-orang yang kompeten. Saya tekankan tidak ada titipan sama sekali. Nanti kapabilitasnya bisa dipertaruhkan. Saya juga kalau memilih nanti betul-betul yang kompeten, profesional, berkualitas," ujar Wahyu pada Selasa (16/4/2024). 

Ia menargetkan pansel dapat terbentuk pada akhir bulan April 2024. Nantinya terdapat tiga orang yang akan terpilih sebagai pansel. 

"Sudah kita buat. Nanti ada orang-orang yang

. Itu kan harus ganjil, nanti kita rencanakan tiga orang yang kompeten. Supaya kompetisi untuk panselnya betul-betul menghasilkan dirut yang memang berkualitas," lanjutnya.

Wahyu mengungkapkan pansel yang terpilih tidak terbatas hanya dari lingkup Kota Malang. Ketiga pansel tersebut akan dipilih dari kalangan profesional dan juga akademisi. 

"Nanti mungkin ada dari perguruan tinggi yang memang sudah jelas dedikasi dan background-nya. Kemudian juga dari profesional bisa dari yang pernah mengelola atau yang saat ini menjadi Direktur Perumda atau PDAM yang banyak prestasinya," tambahnya. 

Penunjukkan pansel pun tidak harus berasal dari Provinsi Jawa Timur. Menurutnya hal tersebut dilakukan guna menghindari praktik kolusi. 

"Tidak harus di Jawa Timur, bisa dari luar, supaya nanti jelas. Kalau dari dalam nanti takutnya ada kolusi dan lainnya. Nah ini saya ingin yang betul-betul independen," tambahnya. 

Wahyu bahkan telah mencoba menghubungi beberapa pihak yang akan ia jadikan pansel. Namun ia masih enggan menyebut pihak-pihak yang telah ia hubungi. 

"Ini saya sedang menghubungi personal yang menjadi Pansel. Mudah-mudahan mereka berkenan dan nanti juga sesuai dengan latar belakangnya. Targetnya untuk bulan ini mungkin pembentukan Pansel. Saya kemarin kan bilang paling tidak dua bulan nanti sudah ada (keputusan)," tutup Wahyu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pansel Dirut Perumda Tugu Tirta Perumda tugu tirta Direksi Perumda Tugu Tirta Kota Malang Dirut Perumda Tugu Tirta