Waspada! Penyakit Ini Sering Muncul Saat Musim Hujan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

9 Desember 2023 00:13 9 Des 2023 00:13

Thumbnail Waspada! Penyakit Ini Sering Muncul Saat Musim Hujan Watermark Ketik
Ilustrasi musim hujan.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Musim hujan telah tiba, sejumlah wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan deras setiap hari. Saat musim hujan tiba penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini tak lain karena saat musim hujan biasanya juga diikuti beberapa penyakit musiman.

Hal ini disebabkan karena hujan rentan menimbulkan berbagai genangan air, yang mana genangan tersebut terkontaminasi dengan berbagai bibit penyakit dari virus maupun bakteri. Dilansir dari berbagai sumber, berikut penyakit yang sering kali menyerang tubuh saat musim hujan.

1. Diare

Penyakit pertama yang biasanya mulai menyerang saat musim hujan adalah diare. Penyakit ini disebabkan oleh beragam bakteri seperti Bakteri E. Coli, Salmonella, Shigella, dan lainnya. Biasanya penularan diare disebabkan oleh konsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri. 

Gejala dari penyakit ini adalah intensitas buang air besar yang lebih sering dan encer. Agar terhindar dari penyakit ini alangkah baiknya untuk selalu menjaga kebersihan tubuh, salah satunya dengan rajin mencuci tangan.

2. Flu

Udara musim hujan yang dingin biasanya rentan membuat orang mudah terkena flu. Meskipun bukan termasuk penyakit yang parah, namun flu tetap saja cukup mengganggu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Beberapa gejala yang umumnya ditimbulkan yaitu rasa tidak enak badan, demam, pegal linu, lemas, bersin-bersin dan rasa nyeri pada otot-otot dan sendi.

3. Demam Berdarah

Seperti yang kita tau saat tiba musim hujan biasanya dibarengi dengan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tinggi. Hal ini lantaran saat musim hujan banyak terdapat genangan air, yang mana genangan tersebut merupakan tempat yang disukai oleh nyamuk untuk berkembang biak.

Biasanya gejala yang muncul seperti demam tinggi nyeri otot, sakit kepala, sakit perut, mual, tubuh menjadi sangat lelah, dan ruam kulit. Oleh sebab itu saat tiba musim hujan sebaiknya tutup tempat penampungan air agar tidak dijadikan tempat berkembang biak oleh nyamuk.

4. Penyakit Kulit

Penyakit kulit seperti kutu air, kadas atau kurap, bahkan jamur pada kuku seringkali muncul saat musim hujan. Hal ini disebabkan karena bakteri dan kuman yang berkembang biak dengan cepat saat musim hujan. Adapun beberapa yang bisa dilakukan untuk menghindarinya yaitu dengan segera membersihkan diri setelah terkena hujan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Musim Hujan genangan air virus diare Flu