Yuk Beralih, Ini Karbohidrat Terbaik untuk Tubuhmu Selain Nasi

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

7 Oktober 2023 00:15 7 Okt 2023 00:15

Thumbnail Yuk Beralih, Ini Karbohidrat Terbaik untuk Tubuhmu Selain Nasi Watermark Ketik
Makanan yang mengandung karbohidrat. (Foto: Fit for Fun)

KETIK, SURABAYA – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, memberikan dorongan kepada masyarakat untuk mengubah pola makan dengan tidak hanya mengandalkan nasi sebagai sumber utama karbohidrat.

Selain nasi, ada banyak makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak hanya mengenyangkan tetapi juga kandungannya dibutuhkan oleh tubuh.

Karbohidrat adalah salah satu sumber utama energi bagi tubuh manusia. Namun, tidak semua karbohidrat diciptakan sama.

Bahan pangan ini selain bisa menjadi alternatif pengganti nasi juga bisa mencegah diabetes karena kadar glukosanya yang lebih sedikit dibandingkan nasi.

Mengutip dari berbagai sumber, ini adalah 5 makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi selain nasi.

1. Sorgum 

Sorgum (Sorghum bicolor) adalah tanaman biji-bijian yang berasal dari Afrika, tetapi sekarang telah menyebar ke berbagai belahan dunia.

Sorgum mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk serat, protein, vitamin B, mineral, dan antioksidan. Ini membuatnya menjadi tambahan yang baik untuk pola makan sehat.

2. Kentang 

Kentang adalah sumber karbohidrat yang serbaguna.

Selain mengenyangkan, kentang juga kaya nutrisi, termasuk protein, kalium, folat, antioksidan, serat, vitamin B6, dan vitamin C. 

3. Jagung 

Jagung menjadi makanan pengganti nasi untuk diet ini juga mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang penting untuk tubuh. 

Bahkan, serat pada jagung dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengatasi susah buang air besar. 

Dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B, seperti B1, B3, B5, dan B9 atau folat. 

4. Singkong 

Singkong juga mengandung serat yang tinggi, tetapi indeks glikemiknya lebih rendahsehingga cocok untuk dimakan setiap hari. Bahkan, singkong juga memiliki banyak nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, magnesium, selenium, kasium, hingga zat besi.  

Mengkonsumsi singkong memang bisa mengenyangkan karena tanaman ini mengandung karbohidrat tinggi. Untuk itu, tidak ada salahnya menjadikan singkong sebagai sumber karbohidrat.  

5. Ubi jalar 

Dilansir dari WebMD, ubi jalar memiliki kalori yang rendah, yakni 112. Begitu juga dengan kandungan lemaknya yang hanya 0,07 gram dan protein 2 gram. 

Ubi jalar kerap dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Selain memberikan rasa kenyang, makan ubi jalar juga nikmat karena memiliki rasa yang manis. 

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menyebut, mengonsumsi lebih banyak serat makanan dapat menurunkan berat badan dan bahkan dapat membantu orang untuk tetap berpegang pada diet yang mereka pilih. (*)

Tombol Google News

Tags:

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengubah pola makan nasi pengganti nasi karbohidrat  sorgum Jagung ubi jalar singkong