4 Pilihan Sarapan Sehat Pengganti Nasi untuk Energi Pagi yang Optimal

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

30 September 2024 10:13 30 Sep 2024 10:13

Thumbnail 4 Pilihan Sarapan Sehat Pengganti Nasi untuk Energi Pagi yang Optimal Watermark Ketik
Menu oatmeal yang terbuat dari biji-bijian. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari merupakan hal penting dan tidak boleh dilewatkan. Dengan sarapan tubuh akan memiliki energi untuk menjalani kegiatan hingga siang hari.

Akan tetapi kebanyakan orang Indonesia, selalu sarapan dengan menu yang cukup berat, seperti soto, nasi pecel, nasi kuning dan masih banyak lagi. Hal ini tentu saja tidak lepas dari budaya orang Indonesia yang beranggapan belum makan kalau belum bertemu nasi.

Namun, bagi beberapa orang, menyantap nasi di pagi hari mungkin terasa cukup berat bahkan bisa menimbulkan sakit pada organ pencernaan. Oleh sebab itu bagi anda yang tidak terbiasa mengkonsumsi nasi pada pagi hari, berikut ini kami berikan alternatif bahan makanan pengganti yang mampu memenuhi kebutuhan gizi anda.Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Oatmeal

Oalmeal terbuat dari biji-bijian yang mengandung banyak nutrisi. Makanan ini sering dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan. Oatmeal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Selain itu, kandungan karbohidrat di dalam oat ini juga melimpah. Oleh karena itu, menu oatmeal ini sangat cocok untuk sarapan kita sehari-hari.

2. Roti Gandum

Roti gandum memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan sering dijadikan menu untuk sarapan. Selain itu roti gandum juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan bisa membuat tubuh terasa kenyang lebih lama. Selain tinggi serat, roti gandum juga bisa menyehatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Foto Pancake, kue olahan yang cocok untuk sarapan. (Foto: Pexels)Pancake, kue olahan yang cocok untuk sarapan. (Foto: Pexels)

3. Pancake

Pancake merupakan kue olahan yang terbuat dari campuran tepung terigu, susu cair, baking powder, telur, mentega, madu sirup, gula dan garam. Kue ini merupakan makanan yang cukup populer untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Pancake biasanya disajikan dengan sirup maple, buah, dan juga es krim. Pancake mengandung kalsium, karbohidrat dan zat besi yang baik bagi kesehatan.

4. Telur dan Alpukat

Siapa sangka, nyatanya alpukat jika dimakan dengan telur akan memberikan manfaat bagi tubuh. Buah alpukat mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan lemak tak jenuh tunggal yang mampu membakar lemak kita saat beraktivitas.

Sementara telur memiliki kandungan asam amino yang penting bagi perkembangan dan pembentukan otot. Gabungan kedua bahan makanan tersebut sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan sebelum beraktivitas.(*)

Tombol Google News

Tags:

sarapan nasi karbohidrat Serat Vitamin Oatmeal telur Roti Gandum alpukat