Hadapi Cuaca Panas, Dokter Gizi: Jangan Sembarangan Konsumsi Suplemen Makanan!

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

11 Mei 2024 19:25 11 Mei 2024 19:25

Thumbnail Hadapi Cuaca Panas, Dokter Gizi: Jangan Sembarangan Konsumsi Suplemen Makanan! Watermark Ketik
Suasana Kota Surabaya di tengah cuaca panas. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Beberapa wilayah Indonesia masih mengalami fenomena cuaca panas ekstrem atau heatwave.

Cuaca panas di Indonesia terjadi menyusul beberapa negara asia yang sebelumnya juga mengalami heatwave terlebih dahulu.

Berangkat dari hal tersebut tentu masyarakat diharapkan untuk selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima agar tidak mudah sakit terutama yang suka berkegiatan di luar ruangan.

Dokter Spesialis Gizi dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK mengatakan,di tengah cuaca panas seperti ini agar masyarakat tidak sembarangan menambah asupan suplemen makanan ke dalam tubuh untuk mengatasi cuaca panas.

Hal ini karena tidak ada vitamin maupun mineral yang direkomendasikan khusus untuk melawan hawa panas yang sedang terjadi saat ini.

“Kalau di cuaca panas ini gak ada rekomendasi suplemen tertentu ataupun vitamin yang dimasukan ke tubuh lewat injeksi. Sebab vitamin itu perannya hanya sebagai tambahan.," dr. Christopher di Jakarta, Jumat (10/5/2024).

Selain konsumsi suplemen makanan, dr. Christoper juga tidak menyarankan mengunjungi dokter dengan tujuan meminta suntikan vitamin karena cuaca yang sedang tidak bersahabat.

Hal ini tentu saja bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Jika ingin mendapatkan asupan vitamin maupun mineral yang lebih banyak sebaiknya konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah.

“Jangan tiba-tiba dateng ke klinik minta dokter untuk suntik vitamin supaya tubuh lebih segar di tengah cuaca ekstrim, itu gak bisa ya,” tambahnya.

Lebih lanjut, hal terpenting dalam mengatasi cuaca yang ekstrem ini adalah konsumsi cairan yang lebih banyak. Jangan lupa mengkonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Hal ini sangat penting karena di tengah cuaca yang panas tubuh akan lebih cepat kehilangan cairan.

“Kalau cuaca panas ekstrim seperti ini tentu harus menghindari dehidrasi. Jangan sampai dehidrasi, minum air putih harus cukup,” paparnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Cuaca panas ekstrem Heatwave suplemen makanan Vitamin Mineral