Agar Tetap Lembap, Simak Tips Cara Mengatasi Bibir Kering

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

16 Juli 2023 08:24 16 Jul 2023 08:24

Thumbnail Agar Tetap Lembap, Simak Tips Cara Mengatasi Bibir Kering Watermark Ketik
Ilustrasi bibir kering. (Foto: Helsebixen.dk)

KETIK, SURABAYA – Cuaca saat ini yang sangat panas membuat bibir menjadi kering hingga menyebabkan rasa perih hingga mengeluarkan darah karena iritasi. 

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah yaitu aktivitas oksidasi pada bagian permukaan bibir (sel melamin), kekurangan cairan, atau karena kekurangan vitamin B. 

Dikutip dari artikel Siloam Hospital, penyebab lain yang membuat bibir kering adalah tidak hanya karena paparan sinar matahari, bibir kering dan mengelupas juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti:

* Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

* Sedang sakit.

* Dehidrasi atau kekurangan cairan.

* Kekurangan nutrisi (malnutrisi).

* Mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Berikut Tips cara mengatasi bibir pecah-pecah 

1. Menggunakan pelembab bibir yang cocok 

bibir pecah-pecah terjadi karena bibir kehilangan kelembapannya. 

Lip balm umumnya mengandung petroleum, beeswax, dan minyak lainnya yang dapat melindungi bibir dari udara yang dingin atau kering yang memicu bibir pecah-pecah. Selain itu, kandungan emolien serta vitamin dalam lip balm juga bermanfaat untuk melembutkan dan menutrisi bibir agar terlihat sehat. 

2. Hindari mengelupas bibir 

Cara mengatasi bibir pecah-pecah berikutnya adalah menghindari mengelupas bibir. Pasalnya, mengelupas bagian-bagian bibir yang kering hanya akan membuat bibir terluka, berdarah, bahkan berpotensi mengalami peradangan atau terjadi infeksi pada luka terbuka. 

3. Mengoleskan madu 

Mengoleskan madu pada bibir bisa menjadi salah satu cara mengatasi bibir pecah-pecah secara alami. Pasalnya, madu dapat membantu proses pengelupasan kulit mati di bibir. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan madu ke bibir secara rutin. Gunakan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, segera hentikan penggunaannya apabila terdapat tanda-tanda reaksi alergi. 

4. Memastikan tubuh terhidrasi 

Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab bibir pecah-pecah. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya dua liter per hari. 

Cara mengatasi bibir pecah-pecah yang satu ini sebenarnya sangat mudah dilakukan, namun sering kali orang tidak menyadari bahwa ia sedang dehidrasi, sehingga hal ini kerap tak dihiraukan. 

5. Pilih lipstik yang cocok dengan kulitmu 

Jika memiliki masalah bibir pecah-pecah, pilihlah lipstik yang memiliki kandungan tambahan yang sama dengan bahan dasar lip balm atau pelembap bibir. Dengan begitu, kelembapan bibir bisa terjaga lebih lama meski menggunakan lipstik seharian. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bibir kering tips bibir kering tips cara mengatasi bibir kering