Batuk dan Pilek Melanda, Gunakan Bahan Ini Untuk Pengobatan Alami

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

4 September 2024 14:05 4 Sep 2024 14:05

Thumbnail Batuk dan Pilek Melanda, Gunakan Bahan Ini Untuk Pengobatan Alami Watermark Ketik
Saat musim pancaroba, batuk dan pilek rentan menular. (Foto: Thinkstock)

KETIK, JAKARTA – Belakangan ini banyak orang terserang batuk dan pilek. Penyakit ini memang sering menyerang tubuh di tengah musim pancaroba. Bukan hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun banyak yang menderita batuk dan pilek.

Belum lagi batuk dan pilek merupakan penyakit yang meudah sekali menular melalui udara. Oleh sebab itu bagi orang yang daya tahan tubuhnya lemah sangat rentan terhadap penyakit ini.

Namun jika anda terlanjut terserang penyakit ini, ada beberapa ramuan herbal yang bisa anda gunakan untuk pengobatan. Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini beberapa obat herbal untuk batuk dan pilek.

1. Jahe

Sejak dulu jahe dipercaya bisa mengobati batu dan pilek. Tanaman herbal ini telah digunakan secara turun temurun oleh masyarakat. Jahe mengandung minyak atsiri 2-3% (terdiri dari zingiberin, kemferia, borneol, limonen, sineol, zingiberal, lina-lool, zingiberol, gingerol, geraniol, kavikol, dan shogaol), minyak damar yang mengandung zingeron, asam malat, pati, damar, asam-asam organik, asam oksalat, serta gingerin. 

 

Foto Jahe sejak dulu dipercaya bisa mengobati flu. (Foto: Pexels)Jahe sejak dulu dipercaya bisa mengobati flu. (Foto: Pexels)

 

Zat-zat ini bekerja sebagai anti radang (anti-inflamasi) sehingga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab batuk atau pilek.

2. Madu

Cairan kental yang memiliki rasa manis ini memiliki kandungan antibakteri dan antimikroba. Konsumsi madu dapat memperkuat sistem imun tubuh dan mengurangi keparahan untuk gejala batuk dan pilek.

 

Foto Selain kaya nutrisi, madu rupanya bisa mengobati batuk dan flu. (Foto: Pexels)Selain kaya nutrisi, madu rupanya bisa mengobati batuk dan flu. (Foto: Pexels)

 

3. Kencur

Tanaman kencur mengandung senyawa borneol, cinnamicacid ethtyl - ester pentadecane, cinnamic aldehyde, methyl-pcumaric acid, camphene dan lainnya. Kencur bisa memberikan efek hangat meredakan rasa sakit, memudahkan pengeluaran air dari dalam tubuh dan membantu mengencerkan dahak.

4. Air Garam

Garam rupanya tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur saja. Garam rupanya juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat menghilangkan partikel virus serta bakteri di dalamnya.

Cara menggunakannya campur garam dengan air dan gunakan untuk membilas hidung. Jangan lupa spuit atau alat nasal irigation untuk menyemprotkan air larutan garam ke dalam hidung. 

5. Kunyit

Kunyit menjadi obat herbal batuk pilek yang ampuh dan paling legendari. Kunyit mengandung kurkumin, senyawa utama rempah yang bisa meningkatkan respon antibodi untuk menangkal kuman maupun virus penyebab batuk dan pilek.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan musim pancaroba batuk Pilek Jahe Madu kencur kunyit air garam Pengobatan alami