Daftar 20 Orang Terkaya Indonesia Oktober 2024, Tidak Ada Nama Haji Isam

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

6 Oktober 2024 06:00 6 Okt 2024 06:00

Thumbnail Daftar 20 Orang Terkaya Indonesia Oktober 2024, Tidak Ada Nama Haji Isam Watermark Ketik
Orang terkaya nomor satu di Indonesia, Prasojo Pangestu. (Foto: dok. Barito Pasific)

KETIK, JAKARTA – Majalah bisnis asal Amerika Serikat, Forbes kembali meliris daftar baru 20 orang terkaya di Indonesia per Oktober 2024. Total kekayaan mereka jika digabungkan mencapai nilai fantastis yakni sebesar Rp3.621,3 triliun.

Jumlah tersebut setara dengan APBN 2025. Dengan jumlah harta tersebut kekayaan 20 orang terkaya ini dapat digunakan untuk membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) yang membutuhkan anggaran Rp466 triliun. Akan tetapi dari daftar ini tidak ada nama konglomerat Andi Syamsuddin Arsyad atau yang lebih dikenal sebagai sosok Haji Isam.

Seperti diketahui Haji Isam merupakan pengusaha sukses asal Batulicin, Kalimantan Selatan. Usahanya bergerak di sektor penambangan batu bara dengan omset mencapai Rp 40 miliar per bulan.

Foto Pengusaha sukses Andi Syamsuddin Arsyad atau yang akrab disapa Haji Isam. (Foto: Instagram @syamsudinandiarsyad)Pengusaha sukses Andi Syamsuddin Arsyad atau yang akrab disapa Haji Isam. (Foto: Instagram @syamsudinandiarsyad)

Akan tetapi kesuksesan Haji Isam di bisnis batu bara belum mampu membawanya masuk jajaran 20 orang terkaya di Indonesia.

Lalu, siapa saja 20 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes? Berikut ini kami berikan ulasannya.

1. Prasojo Pangestu

Posisi pertama orang terkaya di Indonesia diduduki oleh mantan sopir angkot, yakni Prasojo Pangestu dengan nilai kekayaan mencapai USD54 miliar atau setara Rp 820,8 triliun. Total kekayaan tersebut didapat dari bisnis petrokimia hingga energi terbarukan.

2. Robert Budi Hartono

Di posisi kedua terdapat nama pemilik Bank BCA yakni Robert Budi Hartono dengan harta kekayaan USD27,8 miliar atau setara Rp 422,5 triliun. Harta kekayaanya tersebut diperoleh dari bisnis perbankan hingga industri rokok.

3. Michael Hartono

Masih dari pemilik Bank BCA, diposisi ketiga terdapat nama Michael Hartono yang merupakan saudara dari Robert Budi Hartono. Total kekayaannya mencapai USD26,7 miliar atau setara Rp 405,8 triliun. 

4. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong menjadi orang terkaya nomor empat di Indonesia. Total kekayaannya mencapai USD24,5 miliar atau setara Rp 372,4 triliun. Harta kekayaan tersebut didapatkan dari bisnis batu bara, bahkan Low Tuck Kwong dijuluki raja batu bara.

5. Sri Prakash Lohia

Dengan harta kekayaan USD8,5 miliar atau setara Rp129,2 triliun, sukses membawa nama Sri Prakash Lohia bertengger di posisi kelima orang terkaya di Indonesia. Kekayaan tersebut didapatkan dari bisnis petrokimia.

6. Agoes Projosasmito

Memiliki bisnis pertambangan nikel, membuat nama Agoes sukses bertengger di posisi keenam. Total kekayaan yang dimilikinya yakni USD6,9 miliar atau setara Rp104,8 triliun.

7. Tahir

Tahir masuk daftar 10 orang terkaya di Indonesia dengan harta kekayaan USD5,9 miliar atau setara Rp89,6 triliun dari diversifikasi bisnis seperti perbankan hingga rumah sakit.

8. Chairul Tanjung 

Pemilik salah satu grup media besar di Indonesia, Chairul Tanjung juga masuk daftar 10 orang terkaya di Indonesia dengan harta kekayaan USD5,3 miliar atau setara Rp 82 triliun. Selain memiliki bisnis di bidang media Ia juga memiliki bisnis di bidang properti dan perbankan.

9. Djoko Susanto 

Miliarder Djoko Susanto masuk daftar orang terkaya di Indonesia dengan harta kekayaan USD4,9 miliar atau setara Rp74,4 triliun dari bisnis ritel.

10. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono 

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono mempunyai harta kekayaan USD4,5 miliar atau setara Rp68,4 triliun dari bisnis minyak sawit dan nikel.

11. Dewi Kam 

Kesuksesan di bidang pertambangan batu bara, sukses membawa Dewi Kam sebagai wanita terkaya di Indonesia. Dengan total kekayaan USD4 miliar atau setara Rp 60,8 triliun. Dengan harta kekayaan tersebut membuat namanya bertengger di posisi 11 orang terkaya di Indonesia.

12. Theodore Rachmat 

Theodore Rachmat masuk daftar orang terkaya di Indonesia dengan harta kekayaan USD3,9 miliar atau setara Rp59,2 triliun dari diversifikasi bisnis mulai dari agribisnis hingga pertambangan.

13. Martua Sitorus

Di posisi 13 terdapat nama Martua Sitorus mempunyai harta kekayaan USD3,4 miliar atau setara Rp51,6 triliun. Harta kekayaan tersebut didapat dari bisnis minyak sawit.

14. Alexander Ramlie 

Alexander Ramlie mempunyai harta kekayaan USD3,2 miliar atau setara Rp48,6 triliun dari bisnis pertambangan.

15. Sukanto Tanoto 

Sukses di bisnis pulp and paper hingga minyak sawit, membuat Sukanto Tanoto bertengger di posisi 15 dengan total kekayaan USD3 miliar atau setara Rp45,6 triliun.

16. Otto Toto Sugiri 

Berada di posisi 16 Otto Toto Sugiri memiliki harta kekayaan sebesar USD2,7 miliar atau setara Rp41 triliun. Harta kekayaan tersebut didapatkan dari bisnis data center.

17. Bambang Sutantio

Bambang Sutantio mempunyai harta kekayaan USD2,4 miliar atau setara Rp36,4 triliun yang membuatnya berada di posisi ke tujuh belas. Harta kekayaanya didapat dari bisnis susu dan makanan.

18. Hermanto Tanoko

Hermanto Tanoko mempunyai harta kekayaan USD2,3 miliar atau setara Rp34,9 triliun dari bisnis cat.

19. Peter Sondakh 

Peter Sondakh mempunyai harta kekayaan USD2,1 miliar atau setara Rp31,9 triliun dari bisnis investasi di sektor perhotelan, media hingga pertambangan.

20. Mochtar Riady

Dan diposisi terakhir terdapat nama Mochtar Riady yang memiliki total kekayaan sebesar USD1,7 miliar atau setara Rp25,8 triliun dari diversifikasi bisnis seperti properti, ritel hingga rumah sakit.(*)

Tombol Google News

Tags:

Majalah forbes Prasojo Pangestu APBN Haji isam orang terkaya di Indonesia Bisnis Batu Bara Perbankan Media Retail