Dinilai Peduli Olahraga, Ketua KONI Sebut Mas Gum Layak Pimpin Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

14 Oktober 2024 13:04 14 Okt 2024 13:04

Thumbnail Dinilai Peduli Olahraga, Ketua KONI Sebut Mas Gum Layak Pimpin Kota Batu Watermark Ketik
Mas Gum saat berlatih tinju dengan Ketua Koni Kota Batu Sentot Ali Wahyudi. (Foto: Tim Mas Gum)

KETIK, BATU – Ketua KONI Kota Batu Sentot Ali Wahyudi menilai, calon Wali Kota nomor urut 2, Firhando Gumelar (Mas Gum), merupakan sosok yang memiliki kepedulian dan perhatian besar terhadap pengembangan dan pembinaan atlet berprestasi di Kota Batu.

“Selain memiliki program yang jelas terkait olahraga prestasi, Firhando menunjukkan betapa besarnya energi dan semangat yang ia miliki untuk membangun olahraga Kota Batu. Kita butuh pemimpin muda yang visioner seperti ini,” ujar Sentot, Senin 14 Oktober 2024.

Sentot mengaku telah beberapa kali bertemu dengan Firhando. Ketua KONI ini berkali-kali pula dibuat terkejut dengan pemikiran-pemikirannya yang jauh ke depan terkait bagaimana dan apa saja upaya yang dibutuhkan untuk menjadikan olahraga di Kota Batu lebih maju. 

“Contohnya saat beliau memikirkan pembangunan Sport Center dan bagaimana dampak positifnya bagi atlet-atlet muda serta masyarakat di Kota Batu,” tuturnya.

Baginya, pemikiran-pemikiran seperti ini dibutuhkan. Sebab, dengan adanya Sport Center di Kota Batu akan memberikan harapan dan semangat kepada atlet di kota ini untuk menjalani pembinaan secara berkelanjutan, yang outputnya akan muncul atlet-atlet muda potensial yang akan berkontribusi nyata pada perkembangan olahraga di Kota Batu.

“Selain itu, kalau kita punya sport center, saya yakin sport tourism di Kota Batu juga ikut terangkat. Contohnya ketika kami menggelar Kejurprov Wushu yang berlangsung 10-13 Oktober 2024, okupansi hotel dan penginapan di Kota Batu naik pesat," jelasnya.

Keberadaan Sport Center di Kota Batu ini dipercaya tak hanya akan menjadikan dunia olahraga Kota Batu memiliki wadah untuk melakukan pembinaan berjenjang, tapi juga menyedot animo pelaku dan pegiat olahraga daerah-daerah lain untuk datang ke Kota Batu. 

“Dengan sarpras olahraga yang belum representatif seperti ini saja kita jadi jujukan. Dari dulu sampai sekarang, tidak jarang beberapa cabor yang menggelar pemusatan latihan di sini. Mulai Puslatda Jatim sampai timnas sepak bola Indonesia sering TC di Kota Batu. Bayangkan bila kita punya sport center, mereka pasti semakin senang datang ke sini. Pemkot juga diuntungkan karena ada kontribusi," ucapnya.

Selain itu, Sentot menyampaikan bahwa Kota Batu memiliki potensi besar dalam dunia olahraga prestasi maupun sport tourism. Karena itu, ia berharap pemimpin Kota Batu terpilih nanti mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk pengembangan dan kemajuan olahraga di Kota Batu.

Ia menyebutkan, potensi olahraga Kota Batu ada di beberapa cabor. Sebut saja cabor paralayang, balap sepeda nomor downhill, dan arung jeram.

“Kita ini lengkap, ada cabor udara, darat dan sungai. Ini tidak lepas dari kondisi alam Kota Batu yang menunjang untuk ketiga cabor tersebut. Tidak banyak daerah yang memiliki potensi seperti ini,” ujar Sentot.

Sentot menyebutkan, saat ini ada 30 cabor yang bernaung di bawah KONI Kota Batu. Artinya, selain ketiga cabor di atas, ada cabor-cabor lain yang tak kalah potensial. Bahkan beberapa di antaranya memiliki prestasi luar biasa. Bukan hanya di level regional dan nasional, tapi juga internasional.

“Bukan hanya potensial, tapi kita sudah punya atlet-atlet berprestasi. Mulai di level regional seperti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim, sampai Kejurnas dan Pekan Olahraga Nasional (PON),” urainya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Firhando Gumelar Pilkada Kota Batu KONI Kota Batu