Pilkada Kota Batu, Paslon NH Janji Selesaikan SK Pedagang Pasar Induk Among Tani Jika Terpilih

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

14 Oktober 2024 11:05 14 Okt 2024 11:05

Thumbnail Pilkada Kota Batu, Paslon NH Janji Selesaikan SK Pedagang Pasar Induk Among Tani Jika Terpilih Watermark Ketik
Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu nomor urut 1 Nurochman- Heli Suyanto saat menyapa pedagang pasar induk Among Tani Kota Batu, 13 Oktober 2024. (Foto: Tim NH)

KETIK, BATU – Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu nomor urut 1 Nurochman- Heli Suyanto (NH) menjanjikan akan menyelesaikan persoalan Surat Keputusan (SK) pedangan Pasar Induk Among Tani Kota Batu. 

Hal itu menanggapi keluhan pedagang yang masih belum menerima SK meskipun telah menempati kios pasar tersebut.

Diketahui, Paslon yang diusung PKB dan Gerindra itu mengunjungi pedagang di Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Minggu 13 Oktober 2024.

Mereka berdialog dengan pedagang untuk menyerap aspirasi. Seperti tidak ada sekat, baik Paslon NH dan pedagang duduk lesehan bersama diatas karpet.

"Kita akan petakan kios yang masih kosong yang mana, kita akan cek apakah kios yang kosong tersebut telah dimiliki orang atau masih bener bener kosong," kata Nurochman yang akrab disapa Cak Nur.

Menurut Cak Nur, SK Pedagang harus diberikan, karena menjadi pegangan dan legalitas pedagang. Ia berjanji SK pasti akan diberikan karena hal itu merupakan hak pedagang. Sementara pemerintah berkewajiban untuk memberikan SK.

Dikatakan, Cak Nur pihaknya akan menjembatani pedagang agar bisa melakukan dengar pendapat dengan DPRD Kota dan Dinas Perdagangan. Hal itu untuk menanyakan progres pengurusan SK Pedagang pasar Induk Among Tani.

"Jika kami terpilih, maka di tahun 2025, SK akan menjadi prioritas kami untuk diselesaikan dan diberikan ke seluruh pedagang," tegasnya.

Selain itu, Cak Nur menilai, Pasar Induk Among Tani Kota Batu secara umum sudah memiliki fasilitas bagus. Tetapi menurutnya, dalam prakteknya ketika ditempati pedagang, ada beberapa kios yang sepi. 

Oleh karena itu, Paslon NH mewacanakan adanya perusahaan daerah yang akan mengelola pasar tersebut. Dikatakannya, nanti perusahaan daerah yang akan mengelola pasar. Termasuk mencari solusi supaya kios tidak sepi.

"Seperti di super market, ada manajerial yang mengatur pedagang, bagaimana akses yang memudahkan pembeli. Ini adalah tugas dari manajemen yang akan mengelola pasar," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pilkada Kota Batu Paslon Nurochman Heli Pasar Induk Among Tani pilkada Pilkada 2024