Ini Beragam Tradisi dari Berbagai Daerah Indonesia saat Lebaran

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

10 April 2024 12:00 10 Apr 2024 12:00

Thumbnail Ini Beragam Tradisi dari Berbagai Daerah Indonesia saat Lebaran Watermark Ketik
Tradisi sungkeman dari Kraton Yogyakarta. (Foto: Jogja archive)

KETIK, JAKARTA – Sebagai negara dengan beragam suku dan budaya, Indonesia memiliki banyak tradisi, khususnya dalam menyambut lebaran. Beberapa di antaranya bahkan cukup unik sehingga cuma ada di Indonesia.

Setiap daerah memiliki beragam tradisi yang berbeda dalam menyambut datangnya hari kemenangan ini. Tradisi ini tentunya sangat di tunggu-tunggu oleh masyarakat guna memeriahkan hari lebaran

Berikut ini Ketik.co.id akan membahas mengenai lima tradisi unik lebaran dari beberapa daerah yang ada di Indonesia.

1. Takengon, Aceh

Masyarakat di Provinsi paling barat Indonesia, Aceh memiliki tradisi unik dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Khususnya di daerah Takengon, di sana terdapat tradisi unik yakni pemotongan hewan ternak. 

Selain itu tak lupa juga masyarakat menyajikan jajanan lepat gayo yang terbuat tepung beras yang parutan kelapa dan gula aren. Kue ini dibungkus daun pisang dan dikukus. Sementara untuk masakan khasnya adalah Cecah Ries, lontong sayur, dan rendang.

2. Yogyakarta

Tidak hanya pemerintahannya saja yang istimewa karena dipimpin oleh sultan. Tetapi juga tradisinya dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki tradisi berkumpul dan sungkeman bersama keluarga sesudah shalat Ied. 

Selain itu di Yogya juga terkenal dengan tradisi Grebeg Syawal. Keraton akan membuat tujuh gunungan yang nantinya akan di arak dari alun-alun menuju tiga tempat berbeda yakni Pura Pakualaman, Kantor Kepatihan dan Masjid Gede Kauman.

Foto Caption: ilustrasi Bedulang. (Foto: instagram.com/rieka_kd)Ilustrasi Bedulang, tradisi Belitung (Foto: instagram.com/rieka_kd)

3. Pamekasan

Berlanjut ke Pulau Madura, saat Hari Raya Idul Fitri masyarakat pulau garam tersebut memiliki tradisi unik yakni Tellasan Topak. Tellasan memiliki arti lebaran dan Topa memiliki arti ketupat. 

Sama seperti namanya, pada tradisi Tellasan Topak masyarakat Pamekasan menyajikan beragam makanan pendamping ketupat seperti opor ayam, rendang, sate Madura, soto babat dan serondhe.

4. Jembrana

Tradisi unik selanjutnya datang dari Pulau Bali yang justru mayoritas di huni oleh masyarakat hindu. Penduduk muslim di Bali memiliki tradisi membagikan makanan kepada umat hindu yang berada di kampung. Tradisi membagikan makanan ini disebut dengan Ngejot. Kue yang diberikan slaah satunya adalah kue bendu, kue ini terbuat dari tepung ketan diisi campuran parutan kelapa dan gula.

5. Belitung

Belitung memiliki tradisi unik saat Hari Raya Idul Fitri yakni bedulang. Bedulang sendiri merupakan tradisi dimana sebuah dulang atau nampan yang diisikan berbagai macam lauk dengan piring-piring kecil. Lauk tersebut disantap menggunakan ketupat.(*)

Tombol Google News

Tags:

lebaran tradisi lebaran tradisi nusantara