Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma Pria!

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

12 Februari 2023 02:36 12 Feb 2023 02:36

Thumbnail Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma Pria! Watermark Ketik
Jambu monyet atau disebut Jambu Monyet. (Foto: Pinterest)

KETIK, SURABAYA – Anda pasti tidak asing dengan kacang mete yang kerap dikonsumsi sebagai makanan ringan. Meskipun sejumlah ahli botani menyebutnya sebagai kacang, entitas makanan bercita rasa khas ini sejatinya bukanlah jenis kacang-kacangan, melainkan sebuah biji yang melekat dan tumbuh pada jambu monyet atau dikenal pula sebagai jambu mete.

Buah dengan nama latin Anacardium occidentale ini memiliki bentuk bulat lonjong berwarna kuning atau merah kecokelatan. Jambu monyet tumbuh di pepohonan yang ketinggiannya dapat mencapai empat belas meter.

Buah jambu monyet banyak ditemukan di Brasil, India, Vietnam, Mozambik dan Tanzania.  Satu porsi jambu monyet (99,25 gram) mengandung:

• Kalori: 48

• Karbohidrat: 12 g

• Gula: 6 g

• Serat: 3 g

• Vitamin A; 27 μg

• Vitamin C: 102 mg 

Foto Nama latin dari jambu monyet Anacardium occidentale i. (Foto: Pinterest)Nama latin dari jambu monyet Anacardium occidentale i. (Foto: Pinterest)

Jambu monyet adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Terdapat juga beberapa mineral terkandung di dalamnya, yaitu fosfor dan magnesium, serta zat besi.

Berikut ada beberapa manfaat buah jambu monyet untuk kesehatan:

1. Melawan Radikal Bebas

Dilansir dari Healthline, salah satu manfaat buah jambu monyet di antaranya mampu melawan dan menangkal berbagai radikal bebas. Hal tersebut dikarenakan buah jambu monyet mengandung banyak vitamin C dan senyawa fenolik yang kerap disebut flavonoid.

Senyawa yang terkandung dalam buah jambu monyet tersebut mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung, kanker, radang sendi dan lain-lain.

2. Mengurangi resiko stroke

Mengkonsumsi buah jambu monyet secara rutin juga bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke. Selain itu, buah jambu monyet juga mampu menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti peradangan, kerusakan oksidatif, kesehatan jantung, aterosklerosis, tekanan darah, dan kesehatan endotel.

3. Meningkatkan kesehatan tubuh

Buah jambu mete kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga sangat baik dalam melawan penyakit. Bahkan, kandungan vitamin dari buah ini dapat menjadi obat alami untuk beberapa penyakit ringan, seperti pilek dan flu.

Jambu mete juga kaya akan kandungan zinc dan beberapa antioksidan lainnya, sehingga sistem imunitas tubuh terjaga dengan baik. Untuk mendapatkan manfaat ini, konsumsi buah ini perlu dilakukan secara rutin. 

Foto Jambu monyet juga disebut jambu mete. (Foto: Pinterest)Jambu monyet juga disebut jambu mete. (Foto: Pinterest)

4. Baik untuk tulang

Jambu mete juga termasuk makanan yang kaya akan magnesium. Nutrisi ini sangat baik dalam membantu tubuh menjaga kesehatan tulang, serta mengurangi risiko osteoporosis.

Selain itu, kandungan kalsium dan fosfornya dapat membuat tulang untuk tetap kuat. Namun jangan dikonsumsi berlebihan, sebab terlalu banyak kadar fosfor dalam tubuh dapat menyebabkan masalah tulang.

5. Meningkatkan kesuburan pria

Manfaat jambu mete lainnya adalah menambah dan menjaga kesuburan pria. Jambu monyet memiliki kandungan alami yang akan meningkatkan kemampuan aktivitas seksual dan hormon testosteron serta kualitas sperma seorang pria. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jambu monyet jambu mete manfaat