Perkuat UMKM, Mojang Jajaka Bandung Barat 2023 Dukung Keberadaan Pasar Nusantara

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Naufal Ardiansyah

2 Januari 2024 00:33 2 Jan 2024 00:33

Thumbnail Perkuat UMKM, Mojang Jajaka Bandung Barat 2023 Dukung Keberadaan Pasar Nusantara Watermark Ketik
Mojang Jajaka Bandung Barat 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG BARAT – Mojang Jajaka Kabupaten Bandung Barat 2023 mendukung penuh keberadaan Pasar Nusantara Guna untuk memperkuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),

Hal ini disampaikan oleh Mojang Pinilih Bandung Barat 2023, Tiara Syifa Dewi, akrab dengan panggilan Tiara, siswi cantik yang masih aktif menempuh pendidikan di SMAN 2 Lembang, kepada media online nasional Ketik.co.id, pada Senin (1/1/2024).

Menurutnya, Pasar Nusantara adalah semacam pemeran atau bazar yang diisi dengan produk-produk UMKM Desa Cihanjuang, di mana kegiatan ini digagas oleh Mojang Jajaka bersama Tlatah Nusantara yang diselenggarakan mulai tanggal 24  Desember 2023 - 7 Januari 2024 di UBAD Concept Store / Ceu Noa, tepatnya di Jalan Cihanjuang, Km 4, Nomor 49, Bandung Barat.

"Alasan kami berkolaborasi karena menyadari bahwa banyak sekali produk UMKM Bandung Barat yang punya value tinggi, tapi masih belum banyak diketahui publik, termasuk oleh masyarakat sendiri," ujar Tiara yang tinggal di Desa Cikole, Kecamatan Lembang serta memiliki hobi kesenian menggambar dan alat musik.

Pemilik akun media sosial Instagram @tiarasyif22 meyakini, bahwa dengan berkolaborasi, dampak yang dihasilkan akan lebih besar dari pada berkerja sendirian.

"Kebetulan dari Mojang Jajaka ada kesamaan visi dengan UMKM Cihanjuang dan Tlatah Nusantara, makanya kami membentuk ruang kolaborasi untuk mewujudkan ini," terang Tiara.

Dirinya menyebut dan memaparkan, bahwa produk asli yang dibuat oleh warga Bandung Barat khususnya Desa Cihanjuang, salah satunya ada produk Ulen, lukisan, kerajinan, makanan ringan, baju dan sepatu dari jari hitam ecoprint.

"Selain itu juga ada produk coklat milmo yang kebetulan berkolaborasi dengan Moka Bandung Barat, jadi dalam coklat tersebut ada foto kita," bebernya penuh sumringah.

Lantas, Tiara menegaskan bahwa tujuan digelar Pasar Nusantara ini adalah untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk produk UMKM Kabupaten Bandung Barat utamanya Desa Cihanjuang. 

"Ke depannya kami berharap,  bahwa kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan skala yang lebih besar, dengan lebih banyak paritisipan, tidak hanya satu desa atau satu kecamatan saja, tapi bisa mencakup satu kabupaten," pesannya penuh harap.

Oleh karena itu, ia berharap penyebaran informasi terkait program ini bisa lebih masif dan terdengar oleh pemerintah di level kabupaten, sehingga bisa ikut terlibat dalam menciptakan ruang kolaborasi yang lebih luas bersama anak-anak muda.

"Mari kunjungi Pasar Nusantara, dengan berkontribusi untuk kemajuan UMKM lokal. Ayo sama-sama kita cintai dan banggakan produk lokal. Setiap produk adalah karya seni, setiap pembelian adalah dukungan untuk mimpi kecil yang tumbuh besar," tukasnya dengan nada semangat dan percaya diri.

Sebagai informasi, prestasi membanggakan yang telah diraih oleh Tiara, yaitu:
1. Mojang Pinilih Kabupaten Bandung Barat 2023
2. Juara 1 Piala Gubernur Cabang Creative MUA tahun 2022
3. Juara 3 Duta Genre Putri Kecamatan Lembang 2023
4. Juara 1 Karate Kecamatan tahun 2019

Adapun pengalaman Tiara, yaitu sebagai model fotoshoot/katalog, syuting BA e-sport, host live, penyiar radio, MC, tour leader, juri duta bahasa di SMAN 2 Lembang, menjadi juri expo modeling di salah satu SD Kecamatan Ngamprah, model parade, dan menjadi MUA. (*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM Mojang Jajaka Bandung Barat 2023 Pasar Nusantara