Besok! Yuk Ramaikan Gebyar Literasi Disperpusip Jatim

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

13 September 2024 19:30 13 Sep 2024 19:30

Thumbnail Besok! Yuk Ramaikan Gebyar Literasi Disperpusip Jatim Watermark Ketik
Kepala Disperpusip Jatim Ir Tiat S. Suwardi saat menjelaskan Gebyar Literasi. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan pada 14 September 2024, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Timur (Disperpusip Jatim) menggelar Gebyar Literasi yang bertempat di Jl Menur Pumpungan 32 Surabaya.

Acara Hari Kunjung Perpustakaan merupakan rangkaian acara untuk menyambut Hari Jadi Provinsi Jatim pada 12 Oktober 2024.

Acara yang bakal digelar adalah bedah buku, live music, bazar, pemutaran film dan live music.

Selain itu, ada penampilan lomba bertutur, lomba perpustakaan tingkat SLTA, konsultasi komunitas dengan Duta Baca Jatim dan juga wisata arsip untuk anak sekolah atau Waras.

Kepala Disperpusip Jatim Ir Tiat S. Suwardi menjelaskan bahwa Hari Kunjung Perpustakaan kali ini dikolaborasikan dengan Hari Ulang Tahun Jawa Timur.

"Bagaimana kita berupaya untuk meningkatkan tingkat kegemaran membaca, salah satunya dengan berkunjung ke perpustakaan," jelasnya pada Ketik.co.id.

Tiat menambahkan rangkaian kegiatan ini bakal berlangsung dari tanggal 14 September hingga 2 November 2024, acara ini bertujuan untuk memuaskan  panca indra untuk literasi

"Perpustakaan ini hanya tersedia membaca saja, buku digital, buku offline dan online tapi juga di sini juga ada pameran lukisan yang kita ambil dari cover buku yang kita lombakan," jelas Tiat.

Peserta lomba ini berjumlah 350 orang, namun yang tersaring hanya sejumlah 15 orang, tak hanya itu Tiat juga menjelaskan acara ini berkolaborasi dengan berbagai stakeholder misalnya dengan Negara Jerman bertema sains.

"Tanggal 14 pembukaan acara, terus ada pameran, launching galeri," rinci Mantan Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Jatim.

Untuk acara bedah buku berjudul "Sirkus Pernikahan" karya Agus Mulyadi, seorang blogger, penulis dan digital storyseller.

"Puncaknya kami laksanakan pada tanggal 2 Oktober 2024. Rencananya akan dibuka oleh Bapak Pj. Gubernur Jatim dan sebelumnya juga akan didahului pembukaan HKP dan hari jadi pada tanggal 14 September 2024 oleh Bapak Pj. Sekdaprov Jatim," tuturnya.

Di puncak acara tersebut, akan digelar serangkaian kegiatan dan pameran.

Kegiatannya berupa launching buku inkubator literasi pustaka nasional (ILPN) Jatim, penyerahan pemenang lomba, talkshow, penampilan seni oleh teman difabel, live music, permainan tradisional dan konsultasi literasi.

"Ini sebagai sarana untuk memperkenalkan perpustakaan kepada masyarakat," pungkasnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Gebyar Literasi Hari Kunjung Perpustakaan Disperpusip Jatim Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Timur literasi