Dispusip Surabaya Tingkatkan Akses Literasi dengan Koleksi Buku Baru Bagi Pembaca

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

16 September 2024 13:04 16 Sep 2024 13:04

Thumbnail Dispusip Surabaya Tingkatkan Akses Literasi dengan Koleksi Buku Baru Bagi Pembaca Watermark Ketik
Suasana di Perpustakaan Kota Surabaya. (Foto: dok.Dispusip Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya kembali menambah koleksi buku di dua perpustakaan dan 530 Taman Baca Masyarakat (TBM) yang tersebar di seluruh wilayah Surabaya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan akses literasi masyarakat. 

Hingga saat ini, koleksi buku cetak perpustakaan Surabaya mencapai 426.898 judul, 499.476 eksemplar. Sedangkan koleksi buku digital mencapai 1.650 judul, 1.650 eksemplar.

Kepala Dispusip Kota Surabaya, Mia Santi Dewi mengatakan, jumlah kunjungan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data bulan Mei 2024 kunjungan pemustaka mencapai 60.465 orang dan Juni sebanyak 51.827 orang. 

"Sementara di bulan Juli 2024 kunjungan mencapai 58.381 pemustaka dan meningkat menjadi 63.207 pemustaka di bulan Agustus 2024," jelas Mia, Senin 16 September 2024.

"Dari tahun ke tahun, koleksi perpustakaan selalu bertambah karena dianggarkan secara rutin untuk pembelian buku setiap tahunnya," imbuhnya

Untuk mengakomodir jumlah kunjungan yang meningkat, pihaknya melakukan berbagai inovasi. Selain menambah jumlah koleksi buku, Dispusip Surabaya juga menyediakan TBM, dan mobil perpustakaan keliling.

Pihaknya juga mengadakan berbagai kegiatan khusus, seperti Adventure to Library dan Perpustakaan Dalam Imaginasi. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi dan memberikan pengalaman yang menyenangkan," tambahnya.

Pengunjung perpustakaan di Kota Surabaya mayoritas adalah para pelajar, selain membaca dan meminjam buku mereka juga banyak yang tertarik mengikuti kegiatan perpustakaan. Misalnya wisata buku, pelatihan menulis hingga pelatihan mendongeng pelatihan bahasa.

"Para pelajar juga sering melakukan kegiatan diskusi, mencari informasi, serta mengerjakan tugas sekolah dan sebagainya," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

perpustakaan literasi masyarakat minat baca koleksi buku Dispusip Surabaya