Resmi Dilantik, Pengurus PWI Malang Raya Masa Bakti 2024-2027 Langsung Bersiap Gelar UKW

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

29 Februari 2024 16:05 29 Feb 2024 16:05

Thumbnail Resmi Dilantik, Pengurus PWI Malang Raya Masa Bakti 2024-2027 Langsung Bersiap Gelar UKW Watermark Ketik
Pelantikan Pengurus baru PWI Malang Raya. (Foto: PWI Malang Raya)

KETIK, MALANG – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya masa bakti 2024-2027 telah resmi dilantik di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis, (29/2/2024) malam.

Tak hanya pengurus baru PWI Malang Raya, pelantikan juga dilakukan kepada Badan Pelaksana Harian Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Jawa Timur berkedudukan di Malang Raya 2024-2027. 

Ir Cahyono selaku Ketua PWI Malang Raya menjelaskan kegiatan tersebut sekaligus memperingati puncak Hari Pers Nasional yang bebarengan dengan hari lahir PWI pada 9 Februari 2024 lalu. 

Pada periode kedua kepengurusan PWI Malang Raya yang dikomandani oleh Cahyono, ia tetap konsisten terhadap pendidikan para wartawan. 

"Banyak program yang kita kerja samakan dengan berbagai pihak sehingga PWI Malang Raya sudah 8 kali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diikuti oleh seluruh peserta dari daerah di Indonesia," ujar Cahyono usai pelantikan. 

PWI Malang Raya juga telah merencanakan untuk menggelar kembali UKW pada bulan Mei 2024 nanti. Ia menekankan bahwa UKW wajib diikuti oleh wartawan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers. 

"Itu program utama PWI Malang Raya apalagi juga sudah dilantik SJI. Mohon dukungan untuk program-program yang diselenggarakan PWI Malang Raya. Harapannya teman-teman pengurus yang telah dilantik bisa menjalankan program dengan baik," tambahnya. 

Sementara itu Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim menjelaskan insan pers memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk itu segala sifat-sifat baik harus selalu dipegang teguh oleh para wartawan yang tergabung dalam PWI Malang Raya. 

"Usia PWI sudah 78 tahun, tolong untuk menyesuaikan dengan angka tersebut. Jadilah jurnalis yang bijak, wise, memegang prinsip dan kode etik jurnalistik. Serta proporsional, profesional, mencerahkan sekaligus mencerdaskan. Itu semua harus melekat pada kita anggota PWI khususnya di Malang Raya," tuturnya. 

Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat menjelaskan bahwa pendidikan telah menjadi program unggulan dari PWI Pusat. Bahkan SJI telah dilaporkan dan mendapatkan sambutan baik dari Presiden Joko Widodo dan Menteri Dikbudristek Nadiem Makarim. 

"Saya berfikir kok SJI Jatim ditempatkan di Malang. Sebagai orang luar dan datang ke sini, saya berfikir memang tepat karena Malang sangat subur untuk pendidikan. SJI akan subur jika masuk ke Malang karena Malang adalah Harvardnya Indonesia," serunya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pengurus PWI Malang Raya Pelantikan Pengurus PWI Malang Raya PWI Malang Raya Kota Malang Wartawan sekolah jurnalisme indonesia