Risma Ziarah Makam Kyai Ageng Basyariyah di Sewulan Madiun

Jurnalis: Kurniawan
Editor: Mustopa

9 September 2024 13:00 9 Sep 2024 13:00

Thumbnail Risma Ziarah Makam Kyai Ageng Basyariyah di Sewulan Madiun Watermark Ketik
Bacagub Jatim Tri Rismaharini saat usai ziarah makam Kyai Ageng Basyariyah di Sewulan Madiun

KETIK, MADIUN – Bakal calon Gubernur Jawa Timur Tri Rismaharini ziarah ke makam leluhurnya Kyai Ageng Basyariyah Sewulan di Kecamatan Dagangan kabupaten Madiun Jawa Timur, Minggu 8 September 2024.

Selain ziarah, Risma juga bersilaturahmi ke sanak saudaranya yang tinggal di Sewulan. 

"Di sini masih kerabat semua, saya enggak tau silsilahnya nanti biar diterangkan saudara saya. Waktu saya nutup Dolly juga ditanya. Silsilahmu piye, akhirnya yang menjelaskan saudara saya," kata Risma. 

Risma mengaku senang bisa bersilaturahmi, berkumpul dengan saudara-saudaranya di Sewulan Madiun. Selain itu, dirinya dari dulu suka ziarah ke makam-makam para tokoh.

Foto Risma saat di Makam Kyai Ageng Basyariyah Sewulan MadiunRisma saat di Makam Kyai Ageng Basyariyah Sewulan Madiun

Menurut Risma ziarah merupakan hal biasa untuk mendoakan leluhurnya. Dirinya tidak memikirkan ziarah ini untuk menarik simpati warga NU atau tidak.
 
"Saya di sini justru mendoakan leluhur saya, supaya saya kuat. Karena ini bukan perkara menang atau kalah. Ini perkara nasib orang, kesejahteraan orang, itu tidak mudah itu hubungannya sama tuhan," terangnya. 

Salah satu kerabatnya, Gus Riza Farhani, putera almarhum KH Makruf Nawawi Sewulan menjelaskan Tri Rismaharini merupakan garis keturunan Kyai Ageng Basyariyah dan Mbah Jayadi yang berada di Deles, Sidodadi, Ketandan kecamatan Dagangan. 

"Pada saat masih kecilnya dulu, bu Risma sering main ke sini dirumah saya dengan naik sepeda dibonceng bapaknya," pungkas Gus Riza Farhani.(*)

Tombol Google News

Tags:

Cagub Jatim Rismaharini Mensos PDIP