20 Mahasiswa UIN Malang Ikuti Student Exchange di Kampus Ternama Turki Selama 2 Pekan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

17 November 2023 10:36 17 Nov 2023 10:36

Thumbnail 20 Mahasiswa UIN Malang Ikuti Student Exchange di Kampus Ternama Turki Selama 2 Pekan Watermark Ketik
Para mahasiswa yang mengikuti student exchange di Universitas Ondokuz Mayiz. (Foto: Humas UIN Maliki)

KETIK, MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang mengirimkan 20 mahasiswa untuk melakukan pertukaran pelajar atau student exchange ke Universitas Ondokuz Mayiz, Turki.

Kegiatan tersebut sekaligus momen UIN Maliki Malang dalam mewujudkan visi misinya yakni Unggul Bereputasi Internasional.

Program student exchange tersebut dilaksanakan selama dua minggu yakni 5-19 November 2023. Mahasiswa sebelumnya harus melewati serangkaian tes, mulai dari tes administrasi, tes akademik dan tes wawancara.

Kemudian dilakukan pembekalan dengan materi bahasa asing (inggris arab), penulisan karya tulis ilmiah, pemantapan program dan cross culture akademik.

Pembekalan dilakukan mulai dari 25 Juli sampai 31 Oktober 2023 yang ditutup oleh rektor didampingi oleh senat dan WR 4.

"Awalnya mahasiswa mengalami kesulitan namun lama-lama mereka betah dan tidak ingin pulang," ujar Dewi Chamidah selaku Dosen Pendamping program, Jumat (17/11/2023).

Pada 15 November 2023 kemarin, mahasiswa menyuguhkan tampilan budaya dalam closing ceremony program student exchange di hall Aattaturk. Tampilan tersebut disaksikan oleh Wakil Rektor dan pejabat penting Universitas Ondokuz Mayiz, serta Rektor UIN Malang yang datang bersama tim.

Penampilan tersebut berhasil mengundang dercak kagum penonton. Bahkan banyak yang terhanyut dan menangis haru akan jiwa nasionalisme yang ditunjukkan oleh mahasiswa.

Seluruh mahasiswa menunjukkan talenta yang beragam, mulai dari menyanyi, menari, dan membaca puisi. Mereka menunjukkan segala bentuk keindahan yang dimiliki Indonesia. Hal tersebut membuat pimpinan UIN Malang takjub dan bertekad bahwa mahasiswa perlu international exposure untuk memaksimalkan potensi. (*)

Tombol Google News

Tags:

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang UIN Maliki Universitas Ondokuz Mayiz student exchange Turki