3 Jenazah Perwira TNI AU Korban Pesawat Jatuh, Dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

17 November 2023 05:57 17 Nov 2023 05:57

Thumbnail 3 Jenazah Perwira TNI AU Korban Pesawat Jatuh, Dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kota Malang Watermark Ketik
Prosesi pemakaman tiga jenazah TNI AU di TMI Untung Suropati, Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Suasana haru mengiringi pemakaman tiga perwira TNI Angkatan Udara Lanud Abdulrachman Saleh di Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati, Kota Malang pada Jumat (17/11/2023). 

Ketiga jenazah tersebut ialah Marsekal Pertama TNI Anumerta Subhan, Marsekal Pertama TNI Anumerta Widiono, dan Kolonel Penerbang Anumerta Sandra Gunawan.

Sebelum diberangkatkan ke TMP, keempat jenazah disemayamkan sementara di Skadron Udara 21 Lanud Abdulrahman Saleh. Di TMP Suropati Kota Malang, pemakaman dipimpin oleh Pangkoopsud II Makassar sebagai inspektur, serta dihadiri oleh Wakil kepal Staff Angkatan Udara.

"Telah selesai pemakaman di TMP Suropati Malang ini. Ada tiga almarhum yang dimakamkan dengan Inspektur Upacara Pemakaman adalah Pangkoopsud II Makassar, dihadiri juga oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara di TMP Untung Suropati Malang," ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsekal Pertama R. Agung Sasongkojati usai pemakaman.

Sementara itu jenazah Letnan Kolonel Penerbang Anumerta Yuda Seta dimakamkan secara terpisah di TMP Madiun. Jenazah diberangkatkan dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrahman Saleh menuju lokasi pemakaman dengan Hercules.

"Untuk di TMP Madiun, adalah Letnan Kolonel Penerbang Anumerta Yuda Seta yang dimakamkan keluarga. Rombongan diberangkatkan dengan Hercules dari pelepasan jenazah," lanjut Agung.

Agung menambahkan bahwa saat ini TNI AU akan memastikan kelangsungan hidup keluarga korban. Pihaknya turut berterima kasih terhadap masyarakat yang telah membantu penyelidikan saat di lokasi kecelakaan yakni Watugede, Pasuruan.

"Terima kasih banyak kami ucapkan dari Angkatan Udara, kepada Aparat Teritorial, teman-teman pencinta alam, penduduk sekitar kejadian. Dengan sepenuh hati menolong dan membantu sehingga tercapai pemakaman yang layak dan tepat waktu," ungkapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pesawat Tempur Super Tucano Jenazah TNI AU Pemakaman TNI AU korban pesawat jatuh